Kegiatan Abdimas: Implementasi Aplikasi Akuntansi APPA untuk Mengkomputerisasikan Proses Bisnis UKM

 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) diselenggarakan sebagai salah satu tugas tridarma perguruan tinggi. Program Studi Diploma 3 Sistem Informasi Akuntansi (d/h Komputerisasi Akuntansi), sesuai dengan learning outcome (LO), memberikan solusi Teknologi Informasi pada masalah Akuntansi. Untuk itu, bentuk pengabdian masyarakat kali ini adalah menerapkan aplikasi akuntansi di salah satu UKM di Kota Bandung. Aplikasi berbasis web yang dibangun dapat digunakan oleh 5 area fungsional/bagian, yaitu bagian pembelian, bagian produksi, bagian penjualan, bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan bagian akuntansi. Meskipun pada saat aplikasi ini diterapkan beberapa bagian tersebut masih menjadi tanggung jawab orang yang sama.

Masyarakat sasar dalama PkM ini adalah badan usaha kecil di Bandung, Jawa barat. Terletak 8.6 kilometer dari Telkom University, badan usaha ini milik perseorangan dengan jumlah pegawai terbatas, namun memiliki potensi produksi mainan anak dengan jumlah besar per bulannya. Penerapan aplikasi dilakukan pada periode Juni hingga Agustus 2018.

Perangkat lunak aplikasi dibangun menggunakan prinsip kemudahan pengguna akhir dan biaya murah.

  1. Murah. Perangkat lunak aplikasi dibangun menggunakan Bahasa pemrograman open source dan cocok digunakan untuk pembangunan aplikasi berbasis web. Penggunaan open source menguntungkan masyarakat sasar karena tidak membebankan biaya lisensi dalam menggunakan source code. Aplikasi dijalankan menggunakan jaringan local, yang terkoneksi melalui jaringan nirkabel yang telah ada sebelumnya. Proses hosting ditunda dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, dengan pertimbangan pembayaran biaya tahunan yang perlu dikeluarkan.
  2. Mudah. Latar belakang karyawan tidak ada yang khusus ke bidang teknologi informasi, sehingga diperlukan aplikasi yang mudah dalam instalasi dan perawatan. XAMPP berbentuk paket solusi server dan dapat berjalan lintas platform, yang terdiri dari web server Apache, bahasa pemrograman PHP/Perl, dan system informasi basis data menggunakan MariaDB. Dengan bentuk paket ini, instalasi server dapat dilakukan hanya menjalankan satu paket XAMPP. Dukungan XAMPP untuk berjalan di web browser, tidak memerlukan proses instalasi di sisi client, karena aplikasi dapat diakses melalui web browser yang terhubung ke jaringan.
  3. Multi-user. Hak akses pada aplikasi dapat digunakan untuk 5 area fungsional/bagian, yaitu bagian pembelian, bagian produksi, bagian penjualan, bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan bagian akuntansi. Pada tahap pengumpulan kebutuhan, beberapa bagian tersebut menjadi tanggung jawab orang yang sama. Kepala produksi bertanggung jawab dan melaksanakan kegiatan terkait bagian produksi, karyawan bagian penjualan bertanggung jawab untuk fungsi penjualan, sedangkan tiga bidang lainnya, yaitu pembelian, SDM dan akuntansi, dilaksanakan oleh pemilik usaha. Untuk pengembangan ke depan, aplikasi telah memiliki fungsionalitas untuk pembuatan hak akses sesuai pegawai dalam masing-masing area fungsional.

Comments are closed.