KEGIATAN ABDIMAS : PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN UKM BIDANG PERDAGANGAN PAKAIAN KABUPATEN BANDUNG

UKM saat ini merupakan program yang sedang digalakan oleh pemerintah. Banyaknya UKM baru dengan berbagai macam produk yang dihasilkan. Pengusaha saat ini banyak ragamnya mulai dari produksi sendiri, franchise, reseller dan yang lainnya. Semua itu tidak lepas dari yang namanya pengelolaan transaksi keuangan operasional perusahaan yang akan berdampak pada pengambilan keputusan untuk kemajuan perusahaannya.

Masalah yang dihadapi UKM secara umum adalah sistem pencatatan dan laporan transaksi yang tidak dilakukan secara kontinu. Adapun apabila pencatatan dilakukan seringkali data tersebut tidak dijadikan acuan sebagai alat bantu pengambilan keputusan. Sehingga UKM tidak dapat mengetahui informasi posisi keuangan perusahaan dan sulitnya menilai aktifitas perusahaan. Informasi akuntansi yang di dapat oleh perusahaan tidak hanya berguna untuk pihak internal perusahaan saja, informasi akuntansi ini juga digunakan oleh pihak eksternal perusahaan.

Dari permasalahan diatas, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat aplikasi keuangan UKM bidang perdagangan pakaian sekaligus memberikan pelatihan penggunaan aplikasinya. Adapun pelatihan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 17 November 2018 di Kantor Haydar kids Rancaekek Kabupaten Bandung yang merupakan UKM di bidang perdagangan pakaian dibawah koordinasi perusahaan haydar kids. Dari hasil pelatihan yang dilaksanakan peserta dengan antusias mengikuti acara tersebut dikarenakan menambah pengetahuan mereka dalam merencanakan dan mengevaluasi kondisi keuangannya.

Comments are closed.