Kegiatan Abdimas: Pencatatan Pendapatan dan Manajemen Aset SD Cerdas Muthahhari

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Reguler berjudul “Pembangunan dan Implementasi Prototype Aplikasi Pendapatan Sekolah Swasta Bandung Studi Kasus Sekolah Cerdas Muthahhari Bandung” serta “Pembangunan dan Implementasi Prototype Aplikasi Pencatatan serta Manajemen Aset Sekolah SD Cerdas Muthahhari Bandung” mengadakan sosialisasi aplikasi terhadap pihak sekolah.

SD Cerdas Muthahhari

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring melalui Aplikasi Zoom pada Hari Senin, 14 Desember 2020 pukul 10:00 s/d 12:00. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Cerdas Muthahhari Bandung (Bapak Rizky Hamdani) beserta jajarannya, Baik Kabid Kurikulum (Bu Wiwin), Humas (Bu Iis Rosilah), Kabid Sarpras (Bpk Fahmi), Keuangan (Bu Rini), TIK (Bpk Yosep) dan Perwakilan Guru (Bu Windi). Tim dari Universitas Telkom yaitu Ibu Asti Widayanti, Bpk Kastaman, Ibu Idola Perdini Putri, M. Fadhillah Rizky Ramadhan, Yasinta Rizki Amalia, Yasinta Earlyda Permata Putri, Ibu Irna Yuniar, Bpk Rashwyshnoe Boing, Bpk Tora Fahrudin serta Nadya Saras Dheavy Hidayat.

Halaman Awal Aplikasi

Aplikasi yang dibangun dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengambil tema Manajemen Pendapatan dan Manajemen Aset. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sekolah dalam mencatat dan mengelola komponen biaya pembayaran siswa yang bervariasi dan berubah-ubah setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan keunikan dari SD Cerdas Muthahhari Bandung yang memberlakukan potongan khusus yang berbeda-beda untuk setiap muridnya tergantung dari kondisi perekonomian dari Orang tua masing-masing siswa.

Demo Aplikasi Pengelolaan Pendapatan dan Aset

Kegiatan ini mendapat apresiasi yang bagus dari Sekolah SD Cerdas Muthahhari, “Luar biasa menurut saya aplikasi ini, karena potongan biaya jika dihitung manual memakan waktu yang sangat lama”, ujarnya. Selain itu Bapak Fahmi sebagai Kabid Sarana dan Prasana juga mengungkapkan apresiasi serupa terhadap aplikasi manajemen asset. “Ini merupakan sebuah karya luar biasa. Melalui aplikasi ini saya menjadi terbayang pengelolaan asset yang baik dan mudah-mudahan bisa membantu saya kedepan”, ujar Bapak Fahmi.

Foto Bersama di Akhir Sesi

Dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini Pihak SD Cerdas Muthahhari Bandung sangat mengharapkan adanya kelanjutan dari kerjasama antara Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi dan SD Cerdas Muthahhari Bandung baik melalui kegiatan Proyek Akhir maupun Magang.

Comments are closed.