Kegiatan Abdimas: Penerapan Aplikasi Pencatatan Pendapatan Poli Rawat Jalan Mempertimbangkan Tipe Pasien Rumah Sakit Soreang Kabupaten Bandung

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi melaksanakan Pengabdian Masyarakat kepada masyarakat sasar Rumah Sakit Soreang Kabupaten Bandung. Hasil Pengabdian Masyarakat menghasilkan aplikasi berbasis web yang dapat menangani pendaftaran dan pengelolaan data pasien rawat jalan, pencatatan tindakan dan pelayanan poli rawat jalan, laporan aktivitas poliklinik (seperti laporan jumlah kunjungan per poliklinik, jumlah kunjungan per tipe pasien, laporan penerimaan harian, laporan penerimaan per dokter, laporan penerimaan per perawat, serta laporan tindakan dan penanganan yang dilakukan dokter maupun perawat.

Kegiatan ini berangkat dari kondisi masyarakat sasar yang mengalami perubahan yang positif. Menurut data Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) RSUD Soreang tahun 2017 [1], jumlah pengunjung poliklinik untuk rawat jalan tercatat sebanyak 103.774 pasien. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 95.597 pasien (data akhir tahun 2016) [1]. Berikut ini merupakan grafik jumlah kunjungan pasien rawat jalan RSUD Soreang tahun 2017.

Total tenaga medik yang bekerja di RSUD Soreang berjumlah 377 orang (Data akhir tahun 2017 [1]). Pencatatan mengenai tindakan dan penanganan yang diterima oleh pasien tercatat dalam daftar riwayat pasien yang harus disimpan sebagai acuan dalam pemberian tindakan selanjutnya. Tindakan yang diberikan dapat berupa rujukan untuk rawat inap maupun rujukan untuk melakukan pengecekan di laboratorium maupun operasi. Pencatatan tersebut dilakukan secara manual menggunakan buku tindakan setelah penanganan diberikan. Setiap harinya setelah klinik tutup, data tersebut diberikan kepada bagian adminsitrasi untuk dilakukan perekaman di Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS). Kendala saat ini, belum semua klinik menerapkan SIM-RS karena keterbatasan jumlah komputer yang tersedia. SIM-RS hanya digunakan pada proses pendaftaran dan rekam medik.

Kegiatan serah terima aplikasi dilakukan dalam bentuk seremoni antara perwakilan Rumah Sakit Soreang Kabupaten Bandung, yang diwakili oleh Dr. H. iping Suripto W., SpA,. MH.Kes dengan tim pengabdian masyarakat oleh Asti Widayati, S.Si, M.T. Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 April 2019 di Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

 

Comments are closed.