Pengabdian Masyarakat Pelatihan Aplikasi Keuangan “Pensil UMKM” untuk Pelaku Usaha UMKM di Wilayah Garut, 24 Nov 2019 

Menyelami bisnis di level UMKM tentunya memiliki keunikan tersendiri. Dari UMKM, kita akan mendapati banyak tantangan bisnis untuk mau berubah, tantangan untuk bersinergi dengan komunitas atau lembaga lainnya, serta tantangan untuk lebih maju tentunya, dengan sentuhan IT. Keberadaan UMKM menjadi penopang perekonomian nasional, sehingga sangat berperan penting sebagai bagian dari komponen perdagangan bebas ASEAN. Menangani bisnis di UMKM, kita akan mendapatkan orang-orang yang begitu bersemangat dalam menekuni dan mengembangkan bisnisnya. Menjalankan bisnis dengan dibantu hanya beberapa karyawan, dengan level kemampuan yang berbeda-beda, serta usia yang relatif muda, membuat kami, tim pengabdian masyarakat program studi D3 sistem informasi akuntansi, merasa tertantang untuk berkolaborasi dalam program tersebut. Pelaku bisnis UMKM sebagai mitra pengabdian masyarakat, secara khusus UMKM di Cikajang Garut, yang bergerak di bidang produksi dan penjualan hasil alamnya yaitu kentang yang diolah menjadi makanan ringan, menjadi obyek kegiatan kami, karena bisnis tersebut tumbuh subur dan berkembang menjadi usaha bersama di wilayah tersebut.


Foto Bersama Peserta Mitra Pengabdian Masyarakat

Kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung pada tanggal 24 November 2019, mulai dari jam 9.30 hingga jam 15.30. Kegiatan ini berlokasi di Garut, jalan Bayangbong, di aula perusahaan Dodol Bestory. Nastra Snacks and Chips, yang telah melebarkan sayap bisnisnya dengan kemasan dan varian yang lebih beragam dengan brand baru perusahaan yaitu Nastra Agrofood, sangat tertarik dengan penggunaan teknologi informasi berupa aplikasi keuangan yang kami buat, yaitu proses bisnis seputar pembelian, produksi, dan penjualan, serta laporan keuangan, yang kami namai “Pensil UMKM”. Pensil UMKM merupakan singkatan dari aplikasi pencatatan pembelian, produksi, dan penjualan.

    Gambar Kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Keuangan “Pensil UMKM”

Tidak hanya Nastra yang tertarik, usaha ini mengajak mitra bisnis, khususnya yang bergerak di bidang produksi dan penjualan makanan, yang tergabung dalam komunitas pengusaha sekitar garut. Komunitas ini diberi nama Gapura Sigar, Gabungan Pengusaha Baraya Asli Garut. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi keuangan pensil UMKM ini. Peserta mencoba sendiri dan menyimak berbagai penjelasan dari trainer dan panitia. Mereka sangat puas dengan bertambahnya wawasan yang baru ini, walaupun dirasakan msh membutuhkan waktu tambahan agar lebih dapat menyelami aplikasi yang kami buat. Hasil umpan balik pun menyatakan 100% berada di antara setuju dan sangat setuju mengenai keseluruhan penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=FI8-gmgBv-8&feature=youtu.be

Comments are closed.