Seminar Applied Data Sciences dan Evaluasi Pemutakhiran Kurikulum oleh Industri.

Pengadaan seminar yang mendatangkan para praktisi industri untuk memperluas wawasan mahasiswa sangat diperlukan. Selain itu program studi juga berkepentingan untuk mendapatkan masukan yang berharga dari industri sebagai evaluasi dan pemutakhiran kurikulum secara berkala yang dilakukan oleh prodi-prodi di Fakultas Ilmu Terapan. Oleh karena itu, maka pada tanggal 23 Januari 2020, prodi D3 Sistem Informasi sebagai penyelenggara seminar menyelenggarakan seminar berjudul “Role of Data Sciences in The Information Systems oleh Pulse Lab Jakarta dan Applied Data Science in Bukalapak oleh Bukalapak”.

Seminar tersebut dipresentasikan oleh Dr. Rajius Idzalika (Data Scientist dari Pulse Lab Jakarta) dan Rahmatri Mardiki, M.Sc (AI/Software Engineer dari Bukalapak).

Dr Rajius Idzalika memberikan materi
Dr Rajius Idzalika memberikan materi
Rahmatri Mardiki, M.Sc menerima sertifikat
Rahmatri Mardiki, M.Sc menerima sertifikat

Dr. Rajius mempresentasikan materi mengenai evolusi Data Sciences di dalam Sistem Informasi yang berkembang dari Data mining, lalu menjadi Data Analytics / Business Intellegence serta menjadi Data Sciences pada era sekarang. Data Sciences sendiri merupakan irisan atau semesta dari berbagai disiplin ilmu meliputi statistik, matematik, mesin learning, computer sciences, dan subject matter expertise. Selain itu Dr Rajius juga memberikan overview mengenai platform dan prototype yang telah dibuat oleh Pulse Lab Jakarta yang fokus pada pengembangan aplikasi yang berdampak sosial seperti pada gambar berikut:

Berbagai plat form yang dikembangkan Pulse Lab Jakarta

Selain itu Pak Rahmatri Mardiki, M. Sc dari Bukalapak memberikan materi mengenai terapan data sciences pada Bukalapak untuk membantu memberikan rekomendasi produk bagi pelanggan. Sistem rekomendasi sendiri merupakan suatu sistem yang memberikan saran maupun pelayanan dengan menggunakan preferensi dari masing-masing users dan ratingnya. Pada bukalapak sendiri hal ini sudah diimplementasikan dan mampu meningkatkan trafik klik detail pada produk yang disarakan di atas 45% dan meningkatkan pembelian di atas 15%.Sistem rekomendasi sendiri dibagi menjadi 2: Collaborative Filtering (rekomendasi menggunakan histori dari perilaku pembelian user)  dan Content Based Filtering (rekomendasi berbasis produk). Selain itu pak Rahmatri juga menjelaskan platform-platform yang digunakan di Bukalapak seperti pada gambar berikut:

Platform yang digunakan Bukalapak
Platform yang digunakan Bukalapak

Selain memberikan materi, Dr Rajius dan Pak Rahmatri juga berkenan untuk memberikan masukan untuk pembuatan kurikulum baru bagi prodi-prodi di Fakultas Ilmu Terapan seperti prodi D3 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi Akuntansi, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, D3 Manajemen Pemasaran serta S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia. Masukan dari industri diperlukan bagi prodi untuk menyelaraskan bahan pengajaran yang akan diberikan dengan kebutuhan yang ada di Industri. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para kaprodi. Beberapa masukan dari pihak industri adalah pentinganya menumbukan sense memahami data bagi para mahasiswa dengan memberikan dasar statistik dan matematik serta ketrampilan untuk mengeksplorasi data.

Pembahasan masukan untuk kurikulum
Pembahasan masukan untuk kurikulum
Para Kaprodi menyimak masukan dari praktisi Industri
Para Kaprodi menyimak masukan dari praktisi Industri

Comments are closed.