[26 Nov 2021] Kegiatan Pengabdian Masyarakat – Sosialisasi Website Digital Marketing dan Pencatatan Keuangan Sederhana pada AZL Mine Design

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa D3 Sistem Informasi Akuntansi, yang diketuai oleh Renny Sukawati, S.E., M.M. dan beranggotakan Rochmawati, S.T., M.T., Yowelcy Lovea Juwiyan, Nailah Edelweis Budiman, serta Muhammad Daffa, menjalin kerja sama dengan mitra yaitu AZL Mine Design, sebuah UMKM di Bandung yang memproduksi dan menjual peralatan shalat wanita (mukena) dengan berbagai motif dan ukuran, dengan pemilik yaitu Yanti Susanti. Pelaksanaan pengabdian masyarakat (abdimas) ini dilakukan berupa pengembangan website digital marketing dan pencatatan keuangan sederhana, sebagai kelanjutan dari abdimas sebelumnya, dengan penambahan fitur website yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra.


Logo UMKM AZL Mine Design

Pelaksanaan sosialisasi website dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 26 November 2021, pada pukul 19.30, melalui aplikasi zoom meeting. Panitia menjelaskan berbagai fitur website, dimulai dari pembelian bahan baku mukena beserta bahan penolong seperti asesoris mukena, lalu fitur produksi yang dapat menghitung biaya produksi, serta fitur penjualan mukena.

Penjelasan Website Digital Marketing dan Fitur Pencatatan Keuangan untuk AZL Mine Design

Pemilik sekaligus bagian keuangan dapat mengakses website dengan mudah, karena website dibuat sesederhana mungkin menyesuaikan kebutuhan pemilik, tentunya dilalui dengan berbagai pertanyaan pada beberapa tahap wawancara requirement terhadap website atau aplikasi. Sebelum website disosialisasikan, panitia pengembang website mencoba menanyakan kembali hal-hal yang dirasakan dibutuhkan oleh pemilik, sehingga ketika website ini akan diimplementasikan, benar-benar sesuai kebutuhan.

Dari proses tanya jawab saat sosialisasi, serta tanggapan dari mitra, menyampaikan bahwa website ini sudah baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan. Dari seluruh pertanyaan pada feedback yang dibagikan ke mitra, menunjukkan mitra 100% sangat setuju bahwa website ini sudah sesuai dengan tujuan kegiatan abdimas itu sendiri, sesuai dengan kebutuhan mitra atau masyarakat sasar, waktu pelaksanaan kegiatan sudah sesuai, dosen dan mahasiswa bersikap ramah dan tanggap, serta mitra mengharapkan agar abdimas ini dapat berlangsung kembali di masa yang akan datang.

Sesi Foto Panitia dan Peserta

Dengan diadakannya kegiatan abdimas ini, diharapkan terjadinya saling sinergi dan saling membutuhkan antara Telkom University, khususnya prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi dan juga pihak mitra yaitu UMKM AZL Mine Design dan kerja sama dapat terus berlanjut.

Salam vokasi!!

Comments are closed.