people are working

4 Aplikasi Pembuat Laporan Keuangan yang Dapat Kamu Pakai!

Seiring dengan kemajuan teknologi dalam dunia bisnis dan industri, penggunaan perangkat lunak akuntansi telah menjadi kebutuhan yang semakin penting. Teknologi ini memungkinkan pekerjaan menjadi lebih efisien, termasuk dalam pembuatan laporan keuangan. Bagi mereka yang bekerja di bidang akuntansi, aplikasi komputer akuntansi dapat sangat membantu dalam menyusun laporan keuangan dengan cepat dan akurat.

4 Aplikasi Akuntansi yang Dapat Mempermudah Tugas Anda:

1. MYO

MYOB, atau Mind Your Own Business, adalah salah satu aplikasi akuntansi paling populer di Indonesia. MYOB dirancang untuk mencatat transaksi dan membuat pembukuan akuntansi secara otomatis, lengkap, cepat, dan akurat. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh usaha kecil dan menengah. MYOB memudahkan pengguna dalam pengelolaan data keuangan dan sangat direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan solusi akuntansi yang andal dan mudah digunakan.

2. Accurate Accounting

Accurate Accounting dikenal sebagai aplikasi akuntansi yang user-friendly dengan fitur job costing yang memudahkan penyusunan laporan keuangan, laporan laba rugi, dan laporan keuangan lainnya. Kelebihan Accurate terletak pada kemampuannya untuk memodifikasi laporan sesuai kebutuhan pengguna. Namun, salah satu kelemahannya adalah pengguna hanya bisa login sebagai supervisor dan hanya dapat membuka database dari hard drive lokal komputer.

3. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Microsoft Office Accounting Express (MOAE) adalah versi gratis dari Microsoft Office Accounting Professional (MOAP). Meskipun merupakan program promosi, MOAE cukup andal dalam membuat laporan keuangan. Pengguna dapat langsung menginput data transaksi dari nota dan faktur tanpa perlu membuat jurnal terlebih dahulu. Namun, kelemahan MOAE adalah pada fitur perpajakannya yang tidak sesuai dengan peraturan perpajakan di Indonesia. Meski begitu, MOAE tetap direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan aplikasi akuntansi yang mudah digunakan.

4. Krishand

Krishand adalah aplikasi akuntansi yang fokus pada pelaporan pajak. Aplikasi ini menyediakan formulir pajak sesuai dengan peraturan terbaru di Indonesia, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat waktu dalam pembuatan laporan perpajakan yang akurat dan efisien. Kelebihan Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga yang terbaru yang tersimpan. Selain laporan pajak, Krishand juga dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan lainnya. Namun, aplikasi ini memiliki kelemahan dalam hal usabilitas dan kepemilikan yang kurang baik.

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi akuntansi dapat sangat mempermudah pekerjaan akuntan dalam menyusun laporan keuangan. Dari MYOB yang populer di kalangan usaha kecil dan menengah, Accurate Accounting yang fleksibel, hingga Microsoft Office Accounting Express yang gratis, dan Krishand yang khusus untuk pelaporan pajak, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dengan memilih aplikasi yang tepat, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pembuatan laporan keuangan.

Sumber: https://instiki.ac.id/2022/09/26/4-aplikasi-untuk-membuat-laporan-keuangan-dengan-mudah-belajar-komputer-akuntansi/