ERD Diagram

Tahukah Anda apakah aplikasi ERD tersebut? Lalu apa saja Kelebihan dan kekurangan ERD?

Perangkat lunak ERD adalah sebuah diagram visual yang mana menggambarkan sebuah entitas pada basis data. Lantas apa pengertian, kelebihan dan kekurangan ERD tersebut?

Apakah Yang Dimaksud Dengan ERD?

Erd merupakan sebuah entity relationship diagram, di mana mampu memvisualisasikan antara entitas yang berkaitan seperti relasi, atribut, kolom dan tabel.Jenis dan bentuk ERD dari tahun ke tahun pun berbeda beda. ERD adalah cara penggambaran real case yang terjadi sesuai kasusnya. Dengan ERD kita bisa menggambarkan bagaimana entitas satu bisa terhubung dengan entitas lainnya.Dengan menggunakan kemampuan ini maka para ahli basis data tersebut mampu mengetahui struktur dan adanya keterkaitan antara entitas basis data.Daripada Anda penasaran segera simak kelebihan dan kekurangan dari ERD tersebut.

Kelebihan ERD

Erd adalah sebuah basis data yang menggambarkan antar entitas yang sangat hebat daripada metode lainnya.Di mana terdapat sebuah kelebihan dari ERD diagram yang sangat mengedepankan visualisasi antar entitas pada sebuah basis data.Hal ini demi memudahkan para ahli basis data dalam mengetahui sebuah struktur yang berhubungan dengan adanya basis data.Selain itu, adanya ERD dapat mengetahui identifikasi entitas lainnya dalam basis data.

Kekurangan ERD

Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dari ERD maka selanjutnya akan mengupas mengenai kekurangannya, yaitu:Di mana terdapat program dari ERD diagram yang tidak bisa menjelaskan gambar secara detail dan kompleksitas mengenai basis data.Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi ERD tersebut merupakan sistem dari komputer.Dimana dalam proses pembuatan untuk digunakan untuk mengedit sebuah diagram ERD.Pada dasarnya diagram ERD ini sering kali diakses oleh para ahli basis agar bisa mengetahui pola dari basis data.Pada aplikasi ini pun selalu ada di pasaran meskipun banyak kekurangannya tetap digunakan oleh para ahli basis data.

Manfaat Dari ERD

ERD adalah sebuah model database yang berbentuk diagram. Dengan penggunaan diagram tersebut akan memudahkan dalam membuat database.Pengguna dapat lebih mudah dalam merancang database apabila terjadi perubahan sewaktu-waktu, contoh penerapannya, yaitu:
  • Preliminary design, yaitu menggunakan model rancangan untuk basis data secara minimal.
  • Final design, yaitu untuk mengoreksi terhadap sebuah tahap seperti dekomposisi, penambahan relasi dan kardinalitas
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan ERD yang perlu Anda ketahui.

Referensi

https://www.scribd.com535219024/kelebihan-dan-kekurangan-model-dataPenulis : Ardita Clara Dewi Ginting