Kegiatan Abdimas: Implementasi penyusunan perencanaan bisnis keuangan dan penggunaan Aplikasi pencatatan layanan jasa studi kasus AKM Soreang

& Muh. Syahman Nurman

Fakultas Ilmu Terapan bersama dengan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom  melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Reguler berjudul “Implementasi penyusunan perencanaan bisnis keuangan dan penggunaan Aplikasi pencatatan layanan jasa studi kasus AKM Soreang” Kembali lagi mengadakan sosialisasi lanjutan terkait perkembangan aplikasi terhadap pihak bengkel Abdi Karya Motor (AKM) Soreang pada jum’at, 03 Desember 2021 pukul 13.30 s/d 14.30 WIB melalui aplikasi Zoom.

Adapun para Tim  dari universitas Telkom yang terlibat pada sosialisasi kedua ini yaitu Ibu Irna Yuniar, Ibu Asti, Bpk Raswyshnoe Boing, Bpk Kastaman, Ibu Idola putri, Ibu Reni Nuraeni, Yasinta Earlyda permata putri, Yasinta Rizki Amalia, Muh. Syahman Nurman dan yang terakhir perwakilan dari pihak bengkel Abdi Karya Motor (AKM) yaitu Bpk Setiawadi.

Foto Pembukaan kegiatan sosialisasi lanjutan 3 december 2021

Pada sosialisasi kali ini, terdapat penyampaian sambutan oleh pak boing dan penyampaian garis besar aplikasi oleh ibu asti, yang mana aplikasi pencatatan layanan jasa AKM Soreang merupakan aplikasi yang memudahkan pencatatan tiap transaksi dengan pemanfaatan teknologi yang lebih efisien dan mudah untuk diimplementasikan. Seperti yang diketahui dari sosialisasi sebelumnya, tujuan dari dibuatnya aplikasi pencatatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pihak AKM dalam mengolah dan memanfaatkan teknologi system informasi untuk setiap layanan (service) dalam proses bisnis nya.

Halaman Awal (Login) Aplikasi

Pada kesempatan sosialisasi lanjutan disuguhkan tutorial dan fungsionalitas tiap laman aplikasi pencatatan layanan jasa studi kasus AKM Soreang yang diawali dari halaman login dengan memasukkan username dan password. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis website sehingga mudah dalam tahap pengaksesan dan pengoperasian aplikasi.Tampilan dan penjelasan dashboard aplikasi

Selanjutnya, terdapat pemaparan mengenai tampilan dashboard dan komponen apa saja yang dapat dioperasikan dalam aplikasi, seperti; keterangan detail update transaksi dilakukan secara real time, kumpulan master data yang menjadi peran penting dalam manajemen user meliputi; Akun, Bom, Sparepart, jenis service dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat bagian transaksi untuk melihat pemesanan, billing hingga dilengkapi fitur pencetakan biaya service dan biaya kebutuhan lainnya.

Tutorial penginputan data dan proses pencatatan transaksi pada aplikasi

Aplikasi ini menyediakan pencatatan  lengkap mengenai rekapan keseluruhan jurnal dan laporan transaksi yang membantu pengelolaan keuangan bengkel Abdi Karya Motor (AKM) meliputi; jurnal umum, laporan laba rugi, laporan purchase order, laporan purchase invoice dan laporan validasi stok yang memungkinkan user dalam melihat status transaksi meliputi PO on progress yang berarti masih dalam proses/pengerjaan dan PO complete yang berarti telah selesai atau berhasil melakukan proses transaksi yang terdapat pada akun supplier di laporan aplikasi.

Proses penginputan data dan status pada laporan transaksi aplikasi

Diakhir penjelasan, para tim membuka sesi pertanyaan terkait operasi aplikasi. Bpk Setiawadi tampak sangat senang dengan progress aplikasi yang kiranya akan sangat membantu manajemen keuangan di bengkel Abdi Karya Motor (AKM) terbukti dengan antusiasme Bpk adi ketika bertanya terkait penginputan dan cara melihat catatan transaksi. “Semoga Aplikasi ini dapat lebih memudahkan manajemen keuangan bengkel AKM ketika karyawan dan pelanggan semakin banyak” Kata ibu asti setelah sedikit memaparkan bagian transaksi dan input data aplikasi.

Antusiasme Pak Adi melihat perkembangan aplikasi

Diakhir sesi, diadakan sesi foto bersama dan tidak lupa para tim dari universitas Telkom mengucapkan banyak terima kasih kepada Bpk Setiawadi karena telah meluangkan waktu dan bersedia menjadikan bengkel AKM sebagai studi kasus. Bpk Setiawadi pun turut mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam perancangan aplikasi pencatatan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas bengkel Abdi Karya Motor (AKM) lebih eksklusif dan mampu bersaing di pasar global modern saat ini.

Foto bersama sosisalisasi lanjutan aplikasi pencatatan layanan jasa studi kasus AKM Soreang

 

 

 

Comments are closed.