Kegiatan Abdimas: Implementasi penyusunan perencanaan bisnis keuangan dan penggunaan Aplikasi pencatatan layanan jasa studi kasus AKM Soreang

& Muh. Syahman Nurman

Fakultas Ilmu Terapan bersama dengan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom  melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Reguler berjudul “Implementasi penyusunan perencanaan bisnis keuangan dan penggunaan Aplikasi pencatatan layanan jasa studi kasus AKM Soreang” mengadakan sosialisasi aplikasi terhadap pihak bengkel Abdi Karya Motor (AKM) Soreang.

Foto Bersama diawal kegiatan Abdimas

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara daring melalui Aplikasi Zoom pada Hari Minggu, 13 Juni 2021 pukul 10:00 s/d 12:00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan foto bersama yang dihadiri oleh Pak Adi selaku Mitra kegiatan sosisalisasi dan jajaran staff Abdi Karya Motor (AKM) Soreang. Tim dari universitas Telkom yaitu Ibu Irna Yuniar sebagai MC kegiatan, Bpk Raswyshnoe Boing, Bpk Kastaman, Ibu Idola putri, Ibu Reni Nuraeni, Yasinta Earlyda permata putri, Yasinta Rizki Amalia, Diva pratiwi serta Muh. Syahman Nurman.

Penyampaian Materi mengenai Pentingnya perencanaan bisnis

Kegiatan ini disuguhkan dengan penyampaian materi kepada pihak AKM terkait implementasi penyusunan perencanaan bisnis yang disampaikan oleh Ibu Reni Nuraeni selaku pihak dari fakultas Ilmu komunikasi dan bisnis. “Kami pernah bekerja sama dengan salah satu perusahaan konvensional dibidang yang sama, tapi karena kurang pemahaman bisnis. Alhasil, bengkel begini-begini saja” Ucap pak Adi saat ditanya tentang perkembangan dan langkah yang pernah AKM lakukan dalam menunjang kemajuan bisnisnya. Oleh karena itu, Kegiatan sosialisasi ini juga memperlihatkan contoh proposal bisnis yang disampaikan oleh ibu idola putri. Sehingga, diharapkan dengan adanya penyampaian materi tersebut dapat membuka kesempatan baru kepada pihak Abdi Karya Motor untuk mengembangkan potensi bisnis dan mampu memanfaatkan peluang bisnis secara lebih optimal dan modern.

Demo Aplikasi mengenai pencatatan layanan jasa

Adapun, Demo Aplikasi yang dibangun dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini yang mengambil tema Pencatatan Layanan Jasa. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman AKM dalam mengolah dan memanfaatkan teknologi untuk setiap layanan (service) dalam proses bisnis nya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dan antusias yang bagus dari bengkel Abdi Karya Motor (AKM) Soreang, terbukti saat staff AKM yang aktif bertanya mengenai cara kerja/mekanisme aplikasi pelayanan bisnis, bagaimana aplikasi ini memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhan service bengkel, termasuk membantu manajemen transaksi hingga laporan keuangan bisnis secara keseluruhan. “Aplikasi Ini sangat bagus sekali. Mudah-mudahan aplikasi ini dapat membantu AKM jadi lebih baik ke depannya”, ujar Bapak Adi.

Penyerahan Souvenir

Dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini Pihak bengkel Abdi Karya Motor (AKM) Soreang sangat berterima kasih kepada Pihak Telkom Universitas utama-nya Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis.  Diakhir acara, dilakukan penyerahan souvenir sebagai bentuk terima kasih pula atas partisiasi pihak AKM dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin menambah wawasan kepada AKM agar lebih cermat dalam mengembangkan bisnis dan menjadi Bengkel Abdi Karya Motor yang lebih baik kedepannya.

Comments are closed.