Kegiatan Abdimas: Pelatihan aplikasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas kegiatan bisnis penjualan produk kerajinan UMKM Bunga Rosy

Fakultas Ilmu Terapan bersama Universitas Telkom  melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Reguler berjudul “Pelatihan aplikasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas kegiatan bisnis penjualan produk kerajinan UMKM Bunga Rosy” Kembali lagi mengadakan sosialisasi lanjutan terkait perkembangan aplikasi terhadap pihak bunga rosy  pada kamis, 2 Desember 2021 pukul 09.00 s/d -WIB melalui aplikasi Zoom.

Adapun para Tim  dari universitas Telkom yang terlibat pada sosialisasi kedua ini yaitu Ibu Irna Yuniar, Ibu Asti, Bpk Kastaman, Anggaraksa Raihan Iswandi,Jonah Wallyafi Wibowo,Ihgfa Widiawati,Muh. Maulana Trisakti dan yang terakhir perwakilan dari pihak Bunga Rosy yaitu Ibu Rosy.

Foto pembukaan kegiatan sosialisasi lanjutan 2 desember 2021

Pada sosialisasi kali ini, terdapat penyampaian sambutan dan penyampaian garis besar aplikasi oleh ibu irna, yang mana aplikasi pencatatan ini merupakan aplikasi yang memudahkan pencatatan tiap transaksi dengan pemanfaatan teknologi yang lebih efisien dan mudah untuk diimplementasikan. Seperti yang diketahui dari sosialisasi sebelumnya, tujuan dari Pelatihan aplikasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas kegiatan bisnis penjualan produk kerajinan UMKM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pihak UMKM dalam mengolah dan memanfaatkan teknologi system informasi untuk setiap proses bisnis nya.

Halaman Awal (login) Aplikasi

Pada kesempatan sosialisasi lanjutan disuguhkan tutorial dan fungsionalitas tiap laman aplikasi pencatatan layanan yang diawali dari halaman registrasi pembuatan akun dan login dengan memasukkan username dan password. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis website sehingga mudah dalam tahap pengaksesan dan pengoperasian aplikasi.

Tampilan dan penjelasan dashboard aplikasi

Selanjutnya, terdapat pemaparan mengenai tampilan dashboard dan kompnen apa saja yang dapat dioperasikann dalam aplikasi ini, seperti pada dashboard: Kas dan Bank yang dapat dilihat secara real time, Piutang,Hutang,Laporan Laba Rugi, Beban Oprasional dan Arus Kas. Dan pada pilihan menu dapat menjalankan transaksi dan melihat laporan.

Proses penginputan data dan status pada laporan transasksi aplikasi

Aplikasi ini menyediakan pencatatan  lengkap mengenai rekapan keseluruhan jurnal dan laporan transaksi yang membantu pengelolaan keuangan meliputi; Pencatatan Transaksi,jurnal umum, Buku besar,Neraca Saldo,laporan laba rugi,Perubahan modal,Neraca,Arus Kas dan Hutang Piutang. Fitur-fitur pada aplikasi ini mempermudah UMKM dalam mengelola pencatatan keuangan.

Tampilan menu akses laba rugi

Setelah peng-inputan transaksi dilanjutkan pada tutorial menampilkan laporan laba rugi, pada tahap ini ibu irna menjelaskan kemudahan penggunaan aplikasi akuntansiku dalam melihat  laporan laba rugi secara langsung.

Tampilan laporan laba rugi

Pada tampilan laporan laba rugi, ibu irna menjelaskan bagaiman cara melihat dan memfilter laporan laba rugi sesuai dengan periode yang ingin ditampilkan.

Sesi tanya jawab

Diakhir penjelasan, para tim membuka sesi pertanyaan terkait operasi aplikasi Akuntansiku. Ibu Rosy tampak sangat senang dengan penjelasan aplikasi yang kiranya akan sangat membantu manajemen keuangan di UMKM Bunga Rosy, terbukti dengan antusiasme Ibu Rosy ketika bertanya terkait penginputan dan cara melihat Laporan laba rugi.

Sesi foto bersama

Comments are closed.