Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UMKM Puri Utami 2

Pembuatan Modul Asosiasi, Pelatihan Akuntansi dan Re-Desain Cover Media Sosial Puri Utami

Puri Utami  adalah salah satu UMKM Mitra Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom yang terletak di Jl. Sinom No.15, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264 (Gambar 1.2). UMKM ini terletak sekitar 8,2 KM dari Telkom University. UMKM ini bergerak dibidang fashion muslim yaitu Mukena. Mukena yang dijual memiliki kekhasan yaitu detail motifnya, bahan yang digunakan (tidak mudah menciut ketika dilaundry), jahitan rapi serta harga yang bersahabat. Usaha ini dijalankan oleh seorang Ibu bernama Lelly Dewi Utami.

Salah Satu Produk Puri Utami

Usaha ini dijalankan sendiri oleh Ibu Lelly. Walaupun bukan sebuah UMKM yang besar, Ibu Lelly sudah mulai memasarkan produknya ke berbagai platform, baik media sosial maupun online shop. Adapun media sosial yang digunakan yaitu Instagram (@puriutami_mukena) dan Facebook (@Puri-Utami-Mukena). Sedangkan untuk penjualan, Puri Utami menggunakan bantuan online shop yaitu Tokopedia (puri-utami) dan Bli-Bli (umkm-puri-utami). Akan tetapi, pengelolaan transaksi masih dilakukan secara manual. Belum ada suatu aplikasi yang membantu mencatat dan membantu pemilik untuk melihat posisi keuangan. Selain itu belum ada web khusus yang mempromosikan produk-produk dari Puri Utami ini. Dengan adanya media sosial, maka pengetahuan ataupun pelatihan mengenai strategi digital marketing dibutuhkan juga untuk dapat membantu pemasaran lebih baik lagi dan lebih tepat sasaran.

Kegiatan abdimas ini adalah lanjutan dari kegiatan abdimas yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Dosen Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi, D3 Pemasaran serta mahasiswa-mahasiswa Prodi D3 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Terapan. Adapun luaran dari pengabdian masyarakat lanjutan ini adalah aplikasi berbasis web untuk pengelolaan market basket analysis data penjualan UMKM Puri Utami dengan menggunakan pendekatan Teknik asosiasi data mining. Selain itu pelatihan akuntansi juga diberikan sebagai bekal pengetahuan mitra dalam memahami konsep pencatatan akuntansi agar posisi keuangan UMKM dapat terlihat dengan baik. Untuk menunjang optimalisasi pemasaran melalui pemanfaatan media sosial, maka pelatihan re-desain cover media sosial juga turut ditambahkan sebagai bagian dari kegiatan ini. Redesain dilakukan di beberapa media sosial seperti IG (feed, IG Story), Face Book, WA, dsb.

Re-desain Cover Sosial Media UMKM Puri Utami
Re-desain Cover Sosial Media UMKM Puri Utami
Penjelasan Tampilan Modul Asosiasi
Pelatihan Akuntansi Dasar

Comments are closed.