Pengabdian Kepada Masyarakat : Kolaborasi antara D3 Sistem Informasi Akuntansi dengan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Bersama RSUD Soreang

Soreang, Juli 2022

Sebagai garda terdepan pada pelayanan pasien, menjadikan perawat memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan pasien. Para perawat tidak hanya sekedar memberikan perawatan secara medis, melainkan perawat juga memiliki peran dan fungsi yang sangat dibutuhkan dalam memberikan pengasuhan kepada pasien dan keluarga.

Sehingga perawat butuh memiliki pengetahuan dan skill dalam berkomunikasi. Kesempatan ini dimanfaatkan civitas akademika Universitas Telkom bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat melalui program kegiatan pengabdian masyarakat.

Diinisiasi oleh Tim Dosen Fakultas Komunikasi Bisnis dan Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom yang diketuai oleh Reni Nuraeni, Ph.D. melaksanakan program kegiatan pengabdian masyarakat melalui tema “Komunikasi Efektif dan Manajemen Informasi Tenaga Medis Keperawatan (Health Care – Service Excellence)”

“Tugas kami tidak hanya memberikan pembelajaran dan pelayanan kepada mahasiswa tapi juga kami harus aktif dalam kegiatan Tri Dharma lainnya sehingga kami dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas” ucap Reni Nuraeni dalam sambutannya.

 

Dalam program pengabdian masyarakat ini Universitas Telkom memberikan peningkatan kompetensi melalui materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada.

Indra Novianto Adibayu Pamungkas memaparkan materi tentang Komunikasi Efektif. /Dok. Universitas Telkom

“Komunikasi tidak hanya sekedar berbicara di depan saja, melainkan bagaimana kita belajar mendengarkan, mengatur pola nafas, hingga memilih kata-kata yang tepat untuk berbicara kepada pasien” ujar pemateri Indra Novianto Adibayu Pamungkas, SS., M.Si.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 7 Juli 2022 diikuti sebanyak 50 perawat dari RSUD Soreang Kab. Bandung. Pada kegiatan kali ini, para perawat tidak hanya sekedar mendengarkan penyampaian materi, melainkan turut langsung mempraktekkan olah suara, olah vokal, olah nafas, pemilihan diksi hingga roleplay dalam menangani permasalahan-permasalahan komunikasi sehari-hari.

Program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan wawasan, pengetahuan, dan peningkatan kompetensi para perawat di RSUD Soreang Kab. Bandung Jawa Barat serta sebagai wadah kolaborasi dan silahturahmi ke depannya.

“Dengan adanya pelatihan ini dan adanya sesi mirroring dimana kita dapat merasakan secara psikologis bagaimana rasanya menjadi pasien dan keluarga. mudah mudahan kita  bisa lebih baik lagi kedepan nya untuk menjalankan service excellent dan komunikasi yang efektif kepada pasien dan keluarga” harap dr Fenny Mulyani P sebagai Kabid Keperawatan RSUD Soreang Kab. Bandung.

Comments are closed.