Aplikasi Diseminasi Informasi KPT Telkom Makassar

Per Juni 2021, data penterasi pengguna internet di Indonesia mencapai 76/8% dari total 276.36 juta jiwa penduduk. Dari data tersebut, pengguna Whats Apps di Indonesia merupakan terbanyak ketiga di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa potensi aplikasi Whats App (WA) sebagai salah satu media penyebaran informasi sangat besar. Hal ini didorong dengan internet di era sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok dalam menunjang seluruh aktivitas di era pandemic ini.

Konsep layanan diseminasi informasi adalah suatu layanan untuk menyebarkan informasi terpilih yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan pengguna melalui sebuah media kepada pengguna tersebut. Dalam prakteknya, penggunaan WA sebagai media penyebaran informasi sudah banyak dilakukan oleh berbagai pihak dikarenakan efektifitas penyampaian pesannya.

KPT Telkom Makasar merupakan 4 dari 51 Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah dari Yayasan Pendidikan Telkom dengan brand Telkom Schools yang diresmikan tanggal 23 Januari 2014 oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie beserta Dewan Pengurus dan Pembina Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT). Dalam menjalankan operasionalnya, KPT Telkom Makasar membutuhkan sebuah aplikasi diseminasi informasi untuk menginformasikan kegiatan / pengumuman kepada siswa ataupun orang tua siswa.

Oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan diimplementasikan suatu aplikasi untuk diseminasi informasi berbasis WA. Aplikasi ini berbentuk Web Application Programming Interface (API) sehingga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain yang memerlukan fungsionalitas diseminasi informasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi Fakultas Ilmu Terapan, Fakultas Informatika, dan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom dengan dukungan dari Direktorat Primary and Secondary Education (DPSE). Selain fitur untuk pengiriman pesan melalui WA, aplikasi dilengkapi dengan pengiriman pesan WA melalui upload excel. Dengan adanya aplikasi ini maka diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional sekolah menjadi lebih baik lagi baik dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maupun operasional akademik sekolah yang membutuhkan penyebaran informasi. Adapun luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah aplikasi berbasis web untuk pengelolaan penyebaran informasi melalui diseminasi WA baik dalam bentuk blast aplikasi maupun API yang dapat diintegrasikan dengan SIAKAD masing-masing lembaga, serta pelatihan penggunaan aplikasi tersebut.

Daftar Agenda Abdimas
Daftar Agenda Abdimas

Kegiatan pengabdian berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan acara sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi Diseminasi WA yang dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Sekolah TK Telkom Makassar, SD Telkom Makassar, SMP Telkom Makassar, dan SMK Telkom Makassar. Sosialisasi dilaksanakan pada Jumat, 10 Juni 2022 pukul 09:00 WIB dengan mengundang perwakilan dari panitia sebagai Narasumber pelatihan, yaitu Bpk Tora Fahrudin, Ibnu Asror, Yanuar Firdaus Arie, dan Dawam Dwi Jatmiko.

Poster Pelatihan Diseminasi
Poster Pelatihan Diseminasi
Sesi Foto
Sesi Foto

 

Di akhir acara dilaksanakan pula serah terima produk maupun PC Emulator kepada perwakilan KPT Telkom Makassar, yaitu Bpk Ir Yanuariadi Kusuma Baskoro, M.AB selaku VP Primary Secondary Education Operation Control and Evaluation Yayasan Pendidikan Telkom.

Comments are closed.