accounting

Jenis-Jenis Akuntansi beserta Penjelasan Lengkapnya

Jika dunia keuangan dan pembukuan menarik minatmu, mungkin kuliah di jurusan akuntansi adalah pilihan yang tepat. Namun, sebelum benar-benar memutuskan, penting untuk mengenal berbagai macam akuntansi yang ada. Apa saja jenis-jenisnya? Mari kita simak bersama!

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Akuntansi keuangan berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan keuangan suatu perusahaan kepada pihak eksternal. Laporan keuangan yang dihasilkan bersifat umum dan digunakan untuk pengambilan keputusan.

2. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Bidang ini terkait dengan pemeriksaan dan evaluasi laporan keuangan perusahaan untuk memastikan keandalannya. Auditing bertujuan agar informasi keuangan dapat dipercaya dan sesuai dengan standar yang berlaku.

3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya mencatat, menghitung, dan menganalisis data biaya perusahaan untuk menentukan harga pokok produksi. Fokusnya adalah pada kontrol dan analisis biaya.

4. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Tujuan utama akuntansi manajemen adalah menyediakan informasi keuangan kepada manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan. Meskipun berbeda tujuan dengan akuntansi biaya, keduanya dapat bekerja bersamaan.

5. Akuntansi Perpajakan

Bidang ini berkaitan dengan penentuan objek pajak, perhitungan pajak, dan pemenuhan kewajiban perpajakan perusahaan. Pengetahuan mendalam tentang undang-undang perpajakan sangat diperlukan dalam akuntansi ini.

6. Budgeting

Akuntansi ini berkaitan dengan penyusunan anggaran pendapatan dan biaya. Anggaran digunakan sebagai panduan untuk aktivitas keuangan perusahaan di masa yang akan datang.

7. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Bidang ini khusus untuk lembaga pemerintahan. Tujuannya adalah menyajikan laporan keuangan, mengendalikan, dan mengawasi keuangan negara.

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem akuntansi merancang cara pencatatan akuntansi agar efektif dan efisien. Ini melibatkan organisasi dokumen dan penyusunan prosedur pencatatan.

9. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi ini terkait dengan pengumpulan dan pengolahan data keuangan untuk penyusunan rencana operasi keuangan perusahaan dalam periode tertentu.

10. Akuntansi Perbankan

Proses pencatatan, pengklasifikasian, dan analisis data keuangan bank dilakukan dalam akuntansi perbankan untuk memenuhi kebutuhan internal dan eksternal.

Dengan memahami ragam akuntansi ini, kamu akan lebih siap untuk mengeksplorasi dunia keuangan dan pembukuan. Jadi, pilihlah bidang yang sesuai dengan minat dan potensimu!

Sumber: https://www.gokampus.com/blog/wajib-kenali-berbagai-macam-macam-akuntansi?hideHeader=false