programmer

Jenis-Jenis Bahasa Pemograman: Yuk Kenali Lebih Dalam!

Bahasa pemrograman merupakan inti dari instruksi yang diberikan oleh seorang programmer kepada komputer untuk melakukan tugas tertentu. Seiring dengan perkembangan teknologi, jumlah bahasa pemrograman yang tersedia semakin banyak, dan penggunaannya pun semakin mudah. Kemahiran dalam bahasa pemrograman menjadi sangat penting bagi para pengembang teknologi atau developer, karena memungkinkan mereka untuk membangun website atau aplikasi dengan kualitas yang baik.

Jadi, apa fungsi sebenarnya dari bahasa pemrograman? Dan apa saja bahasa pemrograman yang dapat digunakan saat ini? Mari kita telusuri secara lengkap dalam artikel ini.

Pengertian dan Jenis Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah serangkaian instruksi yang diberikan oleh programmer kepada komputer untuk melakukan tugas tertentu. Terdapat tiga jenis bahasa pemrograman, yaitu:

1. Bahasa Mesin

Bahasa ini terdiri dari kode yang sangat panjang dan sulit dipahami, dan sangat bergantung pada arsitektur mesin komputer. Meski sulit dimengerti, bahasa mesin memiliki kecepatan proses yang tinggi dan tidak memerlukan interpreter.

2. Bahasa Tingkat Rendah/Rakitan

Sama seperti bahasa mesin, bahasa tingkat rendah juga tergantung pada arsitektur mesin. Meskipun prosesnya cepat, bahasa ini sulit dipahami dan memerlukan penerjemah atau assembler.

3. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa ini menyerupai bahasa manusia dan lebih mudah dipahami. Bahasa tingkat tinggi tidak tergantung pada arsitektur mesin dan memerlukan compiler atau interpreter.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi utama dari bahasa pemrograman adalah memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang diinginkan oleh programmer. Hasil dari bahasa pemrograman biasanya berupa program atau aplikasi. Sebagai contoh, lampu lalu lintas yang terhubung dengan program komputer dapat diatur dengan baik, sehingga mengoptimalkan lalu lintas jalan.

Selain itu, bahasa pemrograman juga digunakan untuk pembuatan aplikasi permainan, antivirus, website, dan perangkat lunak lainnya. Dengan kemajuan teknologi, penggunaan bahasa pemrograman semakin meluas dalam berbagai aspek kehidupan.

Contoh Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman yang tersedia saat ini. Berikut beberapa contoh yang populer:

1. Java

Digunakan untuk aplikasi di smartphone, desktop, dan pengembangan situs web.

2. Python

Digunakan untuk coding dinamis dan aplikasi berbasis web.

3. JavaScript

Digunakan untuk mengelola website, sangat populer dengan penggunaan hingga 97% di seluruh dunia.

4. HTML

Digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan informasi di browser internet.

5. PHP

Digunakan untuk membuat website dinamis dan berjalan pada berbagai sistem operasi.

6.  ASP

Digunakan untuk menciptakan halaman website dinamis dan merupakan produk dari Microsoft.

7. CSS

Digunakan untuk memformat tampilan halaman web yang ditulis dalam HTML.

8. Perl

Digunakan di sistem operasi Unix dan tersedia untuk sistem operasi lainnya.

9. XML

Digunakan untuk mendeskripsikan berbagai macam data dan tidak terbatas pada tampilan halaman web.

10. WML

Digunakan dalam aplikasi berbasis XML dan berfungsi pada perangkat nirkabel.

Dengan pemahaman tentang fungsi, jenis, dan contoh-contoh bahasa pemrograman ini, diharapkan dapat membantu pembelajaran Anda dalam dunia pemrograman. Teruslah belajar dan eksplorasi untuk meningkatkan kemahiran Anda dalam bahasa pemrograman!

Sumber: https://primakara.ac.id/blog/info-teknologi/pemrograman-adalah