Foto Bersama

Pengabdian kepada Masyarakat “Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel untuk Menghitung Akuntansi Biaya dalam Rangka Meningkatkan Wawasan Kewirausahaan Siswa SMAIT Fithrah Insani Bandung”

Jenjang Pendidikan menengah khususnya di tingkat SMA, merupakan masa persiapan siswa untuk memiliki bekal keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan dunia luar, baik itu tantangan ketika meneruskan ke perguruan tinggi, maupun ketika bekerja atau terjun ke masyarakat. Untuk memperkuat pemahaman dan pengetahuan serta peningkatan kemampuan atau skill siswa, perlu didukung oleh sarana berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi kali ini membahas penerapan teknologi berupa implementasi penggunaan Microsoft Excel dalam keilmuan Akuntansi Biaya dan Kewirausahaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bermitra dengan sekolah SMA IT Fithrah Insani Baleendah (SMAIT FIBE) Bandung. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada paduan kurikulum kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI dalam hal ini kurikulum Merdeka, dengan kurikulum khas FI khususnya dalam pembelajaran Al-Quran, Bahasa Inggris, dan Komputer, dengan menggunakan multimedia dan multimetode.

Sambutan
Sambutan Ketua Panitia

Sambutan Wakil Kepala Sekolah SMAIT FIhrah Insani

Kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul “Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel untuk Perhitungan Akuntansi Biaya dalam Rangka Meningkatkan Wawasan Kewirausahaan bagi Siswa SMAIT Fithrah Insani Bandung”, bertempat di Gedung Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Kegiatan abdimas melibatkan dosen dan mahasiswa, yang diketuai oleh Renny Sukawati, dan beranggotakan Rochmawati, Mochammad Fahru Rizal, Lia Gustiani, Najwa Latvia Adhiyatunnisa, Khania Tyana Putri, Muhammad Rayhan, dan Ryan Sebastian Forlandito. Kegiatan berlangsung pada hari Selasa, 12 Desember 2023, di ruang kelas A4 Fakultas Ilmu Terapan. Hadir juga 4 orang guru pendamping dari sekolah ini. Peserta yang hadir berjumlah 42 orang yakni 38 siswa dan 4 guru.

Aplikasi Excel
Aplikasi Microsoft Excel Akuntansi Biaya

Peserta abdimas diberikan file Microsoft Excel yang berisi format soal studi kasus serta kerangka kerja untuk dapat menghitung biaya bahan baku, biaya produksi, harga pokok produksi, harga pokok penjualan, laba kotor, laporan harga pokok produksi, laporan harga pokok penjualan, serta laporan laba rugi. Di akhir pelatihan, peserta harus mengerjakan Kembali soal berupa quiz di quiziz.com

Kegiatan
Siswa Melaksanakan Pelatihan dan Pengerjaan Soal

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan tumbuh pengetahuan dan keterampilan siswa dalam penggunaan teknologi khususnya pemanfaatan Microsoft Excel secara lebih mendalam dan mampu mengeksplorasi berbagai fitur di dalamnya, untuk dapat dimanfaatkan dalam menghitung khususnya di bidang Akuntansi Biaya. Diharapkan dengan memahami Akuntansi Biaya, siswa dapat memperoleh inspirasi untuk meningkatkan kemampuan wirausahanya dengan kemampuan menghitung biaya secara tepat, sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi usaha yang dijalaninya. Bidang wirausaha merupakan salah satu kurikulum yang diajarkan di sekolah ini untuk dapat mengambil manfaat dari merdeka belajar.

Foto Bersama
Foto Bersama Panitia dan Peserta Abdimas

Selain secara keilmuan, kegiatan abdimas ini juga dapat memberikan insiprasi bagi siswa dalam mencari referensi jenjang Pendidikan tinggi yang akan mereka jalani di tahap berikutnya setelah SMA, dengan adanya pilihan studi di Universitas Telkom.