money

Pengertian Biaya, Fungsi, & Jenis-jenisnya Dalam Akuntansi

Dalam dunia bisnis, pengertian biaya mengacu pada sejumlah pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjalankan operasionalnya. Mari ketahui lebih dalam mengenai fungsi, klasifikasi, dan jenis biaya yang perlu Anda pahami!

Untuk memastikan kelancaran operasional, setiap perusahaan secara rutin mengeluarkan dana untuk berbagai keperluan, yang dikenal sebagai biaya. Sebelum terjun dalam dunia bisnis, pemahaman akan konsep biaya merupakan hal yang penting. Simaklah informasi lengkap mengenai pengertian biaya, fungsi, klasifikasi, dan jenisnya berikut ini.

Pengertian Biaya

Dalam konteks akuntansi, biaya merupakan nilai pengorbanan yang dikeluarkan dalam proses produksi suatu produk, yang diungkapkan dalam bentuk satuan atau harga pasar.

Dengan kata lain, biaya adalah jumlah dana yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa. Pengeluaran ini meliputi semua kebutuhan dari proses produksi hingga pemasaran.

Fungsi Biaya

Keberadaan biaya memiliki peran yang sangat penting dalam setiap proses produksi atau operasional. Beberapa fungsi biaya meliputi:

1. Menjamin Kelancaran Kegiatan Operasional

Biaya diperlukan untuk memastikan semua aktivitas operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Tanpa biaya, kebutuhan perusahaan tidak akan terpenuhi, yang dapat menghambat proses produksi atau operasional.

2.Dasar Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Biaya digunakan sebagai dasar untuk menghitung HPP. Sebelum produk dipasarkan, harga harus ditetapkan, dan HPP dihitung berdasarkan akumulasi biaya yang dikeluarkan ditambah dengan keuntungan yang diinginkan.

3.Penentuan Margin Profit

Biaya membantu dalam menentukan margin laba perusahaan. Dengan rincian biaya yang jelas, perusahaan dapat mengukur margin profit yang diinginkan, sehingga harga yang ditawarkan sesuai dengan pasar dan tetap menghasilkan keuntungan.

4. Pedoman Perencanaan Pengeluaran Berikutnya

Biaya dari produksi pertama dapat menjadi pedoman dalam merencanakan pengeluaran masa depan. Informasi ini membantu perusahaan untuk menghindari kerugian di masa yang akan datang.

Klasifikasi Biaya

Berdasarkan Intensitas Terjadinya Biaya dapat diklasifikasikan berdasarkan intensitas terjadinya menjadi:

1. Biaya Tetap (Fixed Cost)

Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap tidak berubah, meskipun volume aktivitas berubah.

2. Biaya Variabel (Variable Cost)

Biaya variabel berubah sesuai dengan perubahan volume aktivitas.

3. Biaya Campuran (Mixed Cost)

Biaya campuran memiliki unsur biaya tetap dan variabel.

Klasifikasi Biaya Berdasarkan Potensinya

1. Biaya Peluang (Opportunity Cost):

Biaya yang timbul dari suatu investasi dengan potensi keuntungan dan kerugian.

2. Biaya Hangus (Sunk Cost)

Biaya yang tidak bisa dikembalikan karena risiko investasi yang gagal.

Dengan pemahaman yang mendalam mengenai pengertian, fungsi, klasifikasi, dan jenis-jenisnya, Anda akan lebih siap dalam mengelola biaya dalam bisnis Anda.

Sumber: https://www.ocbc.id/id/article/2021/07/21/pengertian-biaya