Home » General Information

General Information

Hingga akhir Desember 2016, hanya ada 4 dari 114 program studi D3 Komputerisasi Akuntansi di Indonesia yang terakreditasi A, salah satunya D3 Komputerisasi Akuntansi Universitas Telkom. Pada bulan Juli 2015, dikeluarkan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) nomor 771/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VII/2015 dengan peringkat Akreditasi A.

Program studi D3 Komputerisasi Akuntansi adalah program studi pada rumpun ilmu Komputer yang mengkhususkan diri pada solusi Akuntansi. Penggunaan komputer di perusahaan sebagai alat bantu kerja sudah menjadi hal yang lazim. Pengelolaan akuntansi perusahaan sudah meninggalkan sistem akuntansi manual digantikan dengan sistem informasi akuntansi berbasis komputer. Bahkan tren saat ini, sistem informasi akuntansi tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi dengan keseluruhan sistem di perusahaan. Ilmu Akuntansi dan Ilmu Komputer adalah bidang yang berbeda. Program studi D3 Komputerisasi Akuntansi enjadi jembatan penghubung antara bidang akuntansi dengan bidang teknologi informasi (atau ilmu komputer).

Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi memberikan materi yang berimbang antara bidang komputer dengan bidang akuntansi. Berbeda dengan program studi Teknik Informasika, program studi ini mengimplementasikan teknologi informasi untuk kebutuhan akuntansi. Mahasiswa dibekali dengan dasar ilmu komputer khususnya sistem informasi dan ilmu akuntansi yang kuat. Matakuliah komputer yang dipelajari adalah analisis dan desain sistem informasi, basis data, dan pemrograman, sedangkan matakuliah akuntansi, yaitu akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, perpajakan, dan sistem informasi akuntansi. Matakuliah lain untuk pengembangan adalah enterprise resource planning, akuntansi sector public dan audit.

Masa Studi normal adalah 6 semester (3 tahun) dengan maksimal 4 tahun. Beban belajar mahasiswa hingga lulus adalah 111 SKS dengan rata-rata 20 SKS per semester. Setiap semesternya, mahasiswa melaksanakan perkuliahan dan praktikum. Pada semester 4, dilaksanakan kerja praktek di industri.