Home » Silabus

Silabus

Silabus

 


 

NoKodeNama MatakuliahSKSSilabus
1KU3123Agama Budha3Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang penamalan sila Ketuhanan YME, Dharma dan Kebaktian untuk mempertebal iman dan hidup bermasyakat dalam kerukunan beragama.
2KU3113Agama Hindu3Mata kuliah ini mempelajari : Teori, Konsep,   Cara-cara, Tahapan dan urgensi Agama sebagai pegangan dalam mengarungi kehidupan maya sebagai seorang mahasiswa, anggota masyarakat, maupun sebagai warga Negara yang meliputi nilai-nilai Agama hindu sebagai bekal dalam menjalankan kehidupan berbangsan dan bernegara.
3KU3083Agama Islam3Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai Metodologi Memahami Islam; Manusia, Agama dan Islam; Al-Quran.
4KU3093Agama Katolik3Mata kuliah ini menjelaskan konsep beriman dalam gereja, hidup bergerja dan bermasyarakat dalam rangka pengembangan sikap dan mentalitas pribadi bagi kepentingan masyarakat sebagai ungkapan imannya
5KU3103Agama Protestan3Mata kuliah Pendidikan agama Kristen protestan ini mempelajari konsep, cara-cara, tahapan dan urgensi dalam membangun karakter mulia sebagai seorang mahasiswa
6KA2082Akuntansi Biaya2Matakuliah ini mempelajari tentang kegiatan manajemen dalam melakukan fungsi-fungsi perencanaan dan pengendalian biaya, selain itu dipelajari konsep akuntansi biaya yang digunakan dalam melakukan perhitungan harga pokok produksi baik dengan sistem biaya pesanan (job order costing) maupun sistem biaya proses (process costing). Matakuliah ini mencakup pula pembahasan teknik perencanaan dan pengendalian elemen-elemen biaya produksi yaitu bahan baku, tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik
7KA3242Akuntansi Keuangan Lanjut2Mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 menjelaskan tentang berbagai aspek akuntansi keuangan lanjutan untuk situasi yang bersifat khusus yang terjadi pada satu entitas bisnis sepert: Akuisisi saham biasa dan penggabungan usahan, Akuntansi Akuisisi saham biasa, Laporan Keuangan konsolidasi, Kertas kerja konsolidasi, kertas kerja konsolidasi, Transaksi antarperusahaan-Aset, Transaksi Antarperusahaan-Obligasi, Akuisisi bertahap dan Divestasi saham, Perubahan Ekuitas Anak, Kompleksitas Struktur Hubungan Induk-Anak dan Anak Perusahaan di Luar Negeri.
8KA2153Akuntansi Keuangan Menengah3Mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah membahas mengenai konsep-konsep dasar yang melandasi prinsip akuntansi, laporan keuangan, elemen-elemen laporan keuangan dan transaksi-transaksi yang mempengaruhinya.
9KA2163Akuntansi Manajemen3Mata kuliah Akuntansi Manajemen memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai metode untuk menghasilkan informasi akuntansi yang dapat mendukung manajemen dan pengambilan keputusan.
10KA2213Akuntansi Sektor Publik3Mata kuliah Akuntansi Sektor Publik memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai Akuntansi pemerintahan, Anggaran, Sistem pengendalian Manajemen, dan APBN/APBD
11KA1024Algoritma dan Pemrograman4Mata kuliah Dasar Algoritma dan Pemrograman memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa
mengenai cara berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur dan menerapkannya kedalam sebuah notasi algoritma dan/atau suatu bahasa pemrograman.
12KA2103Analisis dan Perancangan Sistem Informasi3Matakuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menganalisis kebutuhan sistem dan mendesain sistem dengan metodologi terstruktur.
13KA1053Aplikasi Niaga3Mata kuliah Aplikasi Niaga memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar pemrograman sistem informasi niaga dan akuntansi berbasis perangkat lunak.
14KA1011Aplikasi Perkantoran1Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan untuk menggunakan komputer sebagai alat untuk membantu keperluan perkantoran.
15KA2183Audit3Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses audit (auditing) serta aplikasinya di dunia kerja berdasarkan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP)
16KA3252Audit dan Kendali Sistem Informasi2Mata kuliah ini membahas tentang berbagai aspek dalam penjaminan kualitas dalam sistem informasi dengan mengkhususkan pada tahapan pengujian perangkat lunak. Topik-topik pembahasan dalam mata kuliah ini adalah: Posisi Pengujian Perangkat Lunak pada SDLC, Jenis – jenis Pengujian secara umum, Pengujian Black Box & White Box, Pengujian Integrasi, Pembangunan Script Test, Klasifikasi defect, Pemeliharaan kode dengan CVS, Automatic Test dengan imacros, Stress Test, Debugging, dan Bug Tracker.
17KU1012Bahasa Inggris 12Mata kuliah Bahasa Inggris 1 memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang strategi pemahaman dan struktur kalimat dalam keterampilan membaca teks berbahasa Inggris, terutama teks fungsional descriptive, procedure dan recount.
18KU1022Bahasa Inggris 22Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan menulis, baik tulisan sederhana maupun yang lebih kompleks seperti tulisan akademik.
19KU2052Bahasa Inggris 32Mata kuliah bahasa inggris 3 memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai bagaimana melakukan presentasi dalam bahasa Inggris secara baik dan efektif.
20KA3262Bisnis Elektronis2Mata kuliah ini memberikan pemahaman dalam penyusunan dan pengimplementasian rencana bisnis dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi
21KA2193Dasar Perpajakan3Matakuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa agar dapat mengetahui konsep dasar perpajakan, mampu menyebutkan ketentuan umum perpajakan, mampu menjelaskan kosep pajak penghasilan serta mahasiswa mampu menghitung secara manual dan dengan menggunakan e-SPT (untuk PPH 21 dan Pajak Pertambahan Nilai)
22MI1392Desain Antar Muka Pengguna2Mata kuliah Desain Antar Muka Pengguna memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai bagaimana cara merancang dan membuat antar muka yang dapat digunakan diberbagai media digital.
23KA2113Enterprise Resource Planning Dasar3Mata kuliah Enterprise Resource Planning Dasar memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai sistem informasi untuk memfasilitasi pengelolaan sumber daya perusahaan melalui pengintegrasian proses-proses lintas area fungsional (Pembelian, Produksi, Pemasaran, Akuntansi dan Sumber Daya Manusia) dalam perusahaan.
24KA3314Enterprise Resource Planning Keuangan4Mata kuliah Enterprise Resource Planning Keuangan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses bisnis penting dalam Akuntansi Keuangan sehingga dapat menguraikan struktur dan prosedur mendasar dalam Akuntansi Keuangan melalui penggunaan SAP system
25KU3062Inovasi dan Kewirausahaan2Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang inovasi dan kewirausahaan serta penerapannya dalam kehidupan praktis.
26TK3073Jaringan komputer3Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep dasar dan keahlian membangun jaringan komputer sederhana. Materi yang diajarkan meliputi: konsep lapisan pada OSI dan TCP/IP, teknologi ethernet, perencanaan, media, konfigurasi dan pengujian jaringan komputer, konsep dasar routing, routing statis, dan perangkat lunak bantu troubleshooting jaringan komputer.
27KA3332Kerja Praktek2Matakuliah ini dilaksanakan secara penuh di industri untuk memperkenalkan lingkungan dan budaya kerja.
28KA3282Manajemen Keuangan2Mata kuliah Manajemen Keuangan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai proses pengambilan keputusan dan penginterpretasian dampak yang akan ditimbulkan oleh keputusan keuangan (investasi, keuangan, dan keputusan manajemen) mengenai cara berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur dan menerapkannya kedalam sebuah notasi algoritma dan/atau suatu bahasa pemrograman.
29KA2132Manajemen Proyek Sistem Informasi2Matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan pada mahasiswa untuk menjelaskan dinamika proyek sistem informasi, dan dengan berbekal kemampuan tersebut, mahasiswa dapat menjelaskan konteks dan lingkup manajemen proyek sistem informasi, mendemonstrasikan evaluasi kelayakan proyek, perencanaan dan pembuatan Proyek Charter, dan pengendalian proyek sistem informasi dengan menggunakan metode dan alat bantu manajemen proyek (Ms Project 2007) sesuai format yang ditentukan.
30DU1023Matematika Diskrit3Mata kuliah ini membahas mengenai teori himpunan , relasi dan fungsi, kombinasi, logika, teori graf dan aplikasinya, dan pohon.
31KA3324Modifikasi Enterprise Resource Planning4Mata kuliah MERP memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai BAGAIMANA CARA MEMBUAT PROGRAM MENGGUNAKAN BAHASA ABAP DALAM APLIKASI SAP.
32KU3073Pancasila dan Kewarganegaraan3Mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar kehidupan berbangsa dan bernegara
33KA2173Pemrograman Berorientasi Objek3Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek memberikan pengenalan konsep pemrograman berorientasi obyek dengan pemrograman Java.
34MI2434Pemrograman Web4Mata kuliah Pemrograman Web memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pembuatan aplikasi berbasis web
35MI3193Pemrograman Web Lanjut3Mata kuliah Pemrograman Web Lanjut memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pembuatan web   berbasis framework
36KU1034Pengembangan Profesional4Mata kuliah pengembangan profesional mempelajari dan mengajarkan kepada mahasiswa untuk dapat memahami potensi dalam dirinya (kelebihan & kekurangan)sehingga mampu merencanakan goal setting yang jelas serta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam komunikasi dan kepemimpinan, sehingga dapat dikembangankan secara optimal di dunia perkuliahan dan pekerjaan. Sehingga diharapkan dapat membangun karakter profesional dalam diri mahasiswa. Materi ini diperkuat dengan pengetahuan mengenai etika komputer dan kode etik profesi.
37KA1064Perancangan Basis Data4Dalam matakuliah ini mempelajari pemodelan data menggunakan Entity Relationship diagram untuk menangani bisnis proses tertentu dan bagaimana memetakan E-R diagram tersebut menjadi tabel-tabel untuk dapat diimiplementasikan menggunakan relational database. Selain itu, matakuliah ini mempelajari normalisasi tabel agar tabel yang di gunakan efektif dan tetap menjaga integritas data sehingga data tetap konsisten.
38KA3293Perpajakan Lanjut3Mata kuliah Perpajakan Lanjutan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa
mengenai perhitungan pajak penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Pajak Penghasilan Badan.
39KA2092Praktikum Aplikasi Akuntansi2Mata kuliah membahas mengenai MYOB: instalasi, pengenalan, identifikasi kebijakan (jenis perusahaan, financial year, chart of accounts, cards, inventory, jobs, tax codes, banking, balances, linked accounts), Entry data transaksi (purchases, sales, record journal entry), reports (balance sheet, profit&loss, banking, general journal, trial balance, time billing, purchases, sales, inventory), analysis (balance sheet, profit&loss, sales, inventory, cash flow, AP/AR, jobs)
40KA2142Praktikum Aplikasi Akuntansi Lanjut2Mata kuliah praktikum aplikasi akuntansi lanjut membahas aplikasi akuntansi mulai dari pengelolaan database, Siklus akuntasi, input transaksi dan pelaporan keuangan dengan menggunakan software Accurate.
41KA3231Praktikum Pemrograman Basis Data1Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dasar dari pemrograman Basis Data dengan menggunakan RDBMS Oracle dan PHP
42KA1074Prinsip Akuntansi 14Mata kuliah pengantar akuntansi menjelaskan tentang konsep akuntansi dan kegunaan laporan keuangan, tahapan-tahapan dalam siklus akuntansi untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur, serta teknik dan prosedur akuntansi untuk setiap jenis aktiva
43KA2124Prinsip Akuntansi 24Mata kuliah Prinsip Akuntansi 2 memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses pehitungan dan penjurnalam atas transaksi dari pos –pos Aset, Liabilitas dan Ekuitas (Neraca) berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan.
44KA3344Proyek Akhir4Matakuliah ini merupakan sintesa dari pengetahuan yang diperoleh sebelumnya yang kaji oleh mahasiswa menjadi produk ilmiah.
45KA2203Rekayasa Perangkat Lunak3Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak memberikan pemahaman mengenai analisis dan perancangan Sistem atau proyek informasi berdasarkan pendekatan berorientasi Objek, pemahaman terhada Use case, class, interaction diagram dan activity merupakan penguansaan minimum dalam OOA & OOD, pemahaan terhadap testing dengan Black box dan White box testing merupakan output akhir dari RPL
46KA2223Sistem Informasi Akuntansi Jasa dan Dagang3Mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi Jasa dan Dagang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses bisnis organisasi yang bergerak di bidang jasa dan dagang sehingga dapat membuat rancangan sistem informasi dari proses bisnis organisasi tersebut.
47KA3303Sistem Informasi Akuntansi Manufaktur3Mempelajari konsep, proses bisnis dan alur dokumen pada perusahaan Manufaktur, serta menganalisis kebutuhan akuntansi pada perusahaan manufaktur seperti persediaan, harga pokok produksi, analisis biaya dan laporan keuangan.
48MI1023Sistem Informasi Manajemen3Pengantar konsep sistem informasi, evolusi, tipe dan komponen sistem informasi, teknik pembangunan sistem informasi dan pengaturan komponen sistem informasi, teknologi sistem informasi baru, dan etika di sistem informasi
49TK1013Sistem Komputer3Mata kuliah ini mempelajari sejarah komputer,jenis dan kategori/penggolongan komputer, representasi data,   mempelajari organisasi dan arsitektur system komputer yang meliputi : CPU (register, prosesor), Memory (RAM dan ROM), I/O (alat input/output, I/O system, DMA), Interconnection Network (BUS), kemudian mempelajari System Operasi komputer, menguasai konsep parallel sederhana pada system komputer, menguasai aplikasi komputer modern dalam kehidupan sehari-hari terkait dalam bidang Multimedia, menguasai aplikasi dari system komputer
50TK1033Sistem Operasi3Mata kuliah sistem operasi memperkenalkan teori, penggunaan, dan pengelolaan sistem operasi sebagai komponen utama sistem komputer.
51KU3043Tata Tulis Karya Ilmiah3Mata kuliah ini merupakan pendukung dalam penulisan karya ilmiah khususnya Proyek Akhir (PA) dan karya ilmiah lainnya.