Home » Ikatan Alumni

Ikatan Alumni

Bergabungnya IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom ke dalam Universitas Telkom (Tel-U), secara langsung memberikan pengaruh besar bagi perkumpulan Alumni keempat Almamater yang telah melebur ke dalam Tel-U. Sehingga setelah sempat berjalan sebagai organisasi tanpa induk almamater, akhirnya para perwakilan pimpinan dan pengurus Ikatan Alumni di lingkungan Tel-U sepakat untuk mulai merumuskan pembentukan wadah yang dapat menyatukan seluruh Alumni yang Almamaternya telah menjadi bagian dari Universitas Telkom dan menampung.

Pembahasan mengenai pembentukan wadah ikatan Alumni di tingkat Tel-U dimulai pada bulan Maret 2014. Lokasi pembahasan dilakukan di Jakarta dan Bandung. Forum pembahasan ini turut melibatkan para pengurus inti dari masing-masing organisasi Alumni yang berasal dari IAS (Ikatan Alumni STISI), IKA IMT (Ikatan Alumni IM Telkom), IA Politel (Ikatan Alumni Politeknik Telkom), dan FAST sendiri.

Dengan mengedepankan kebersamaan dan semangat positif untuk lebih memajukan Almamater baru yang bernama Tel-U, pembahasan terkait pembentukan wadah Alumni se-Universitas Telkom menemui titik terang pada bulan September 2014. Dimana seluruh perwakilan organisasi Alumni di lingkungan TEL-U telah memiliki persepsi, maksud, tujuan dan semangat yang sama terkait langkah-langkah yang perlu diambil untuk merealisasikan pembentukan perkumpulan Alumni Universitas Telkom. Selanjutnya untuk memfinalkan kesepakatan yang sudah diraih, dipilihlah tanggal 2 Oktober 2014 sebagai hari untuk menuangkan kesepakatan ini dalam Piagam Deklarasi Forum Alumni Universitas Telkom.

Akhirnya, dengan mengucap syukur kepada Allah SWT. Bertempat di Mall Pacific Place Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2014, Deklarasi Forum Alumni Universitas Telkom ditandatangani oleh Para Pimpinan Organisasi Alumni di lingkungan Universitas Telkom, yang terdiri dari:

Forum Alumni Institut Teknologi Telkom;
Ikatan Alumni Institut Manajemen Telkom;
Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia;
Ikatan Alumni Politeknik Telkom
beserta para lulusan Universitas Telkom.

Dengan penandatanganan Deklarasi tersebut, maka otomatis FAST bertransformasi menjadi Organisasi Alumni di tingkat Universitas Telkom. Kepanjangan FAST yang tadinya Forum Alumni Institut Teknologi Telkom, berubah menjadi Forum Alumni Universitas Telkom. Selain itu, definisi Anggota FAST juga berubah menjadi setiap orang yang pernah tercatat sebagai mahasiswa/lulusan dari satu atau lebih program studi di perguruan tinggi:

Universitas Telkom;
Sekolah Tinggi Teknologi Telkom atau Institut Teknologi Telkom;
Master of Business Administration Bandung atau Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom atau Institut Manajemen Telkom;
Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Bandung dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom;
Politeknik Telkom;

Salam, FAST untuk Indonesia!!

(Sumber: http://fast.web.id/about/)