Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Rabu 2 Desember 2020, Sosialisasi Pengembangan Aplikasi Administrasi dan Keuangan SD Abu Aziz Bandung

Pendidikan sekolah dasar memegang peranan penting dalam jenjang pendidikan sekolah formal. Sekolah dasar yang baik perlu ditunjang oleh pengelolaan sekolah yang baik. Salah satu bentuk standar pengelolaan sekolah yang baik dapat dilihat dari pengelolaan keuangan dan administrasi di sekolah tersebut. Untuk menunjang pengelolaan keuangan dan administrasi diperlukan alat bantu berupa aplikasi atau sistem informasi.

Sekolah Dasar SD Abu Aziz berada di bawah Yayasan Ma’had Abu Aziz. Lembaga ini berada di kota Bandung, berjarak sekitar 11,5 km dari Telkom University. Lembaga ini menjadi mitra strategis dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas), yang diselenggarakan oleh Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Kegiatan abdimas ini berupa pembuatan dan pengembangan aplikasi administrasi dan keuangan sekolah, dan puncaknya yaitu sosialisasi aplikasi melalui zoom meeting pada hari Rabu tanggal 2 Desember 2020. Selain itu, diserahkan alat bantu berupa printer untuk pengerjaan proses administrasi sekolah.

       

Selama ini, pihak sekolah menemukan banyak ketidakpraktisan dalam pencatatan administrasi, yang terkadang harus secara manual ditulis di buku dan kwitansi, serta terjadinya perulangan pencatatan misalnya dalam penulisan nama siswa, nomor induk, serta identitas siswa lainnya. Begitu pula dengan pembayaran SPP dan pembayaran kegiatan sekolah lainnya yang harus ditulis langsung dan berulang, sehingga menyebabkan pihak sekolah memerlukan waktu lama untuk proses pencatatan, penyimpanan data, sinkronisasi data, serta tumpukan dokumen.
Aplikasi pengelolaan keuangan dan administrasi sekolah SD Abu Aziz dibangun dengan fitur untuk mengelola pendaftaran dan pembayaran siswa baru, pembayaran pendaftaran ulang, pembayaran SPP, notifikasi pembayaran SPP melalui whatsapp, pembayaran kegiatan sekolah seperti ekstra kurikuler, catering, seragam, dan kegiatan lainnya, serta pencatatan pengeluaran sekolah dan yayasan. Yayasan mendapatkan pemasukan dari berbagai hal misal dari infaq, DUPI (Dana untuk Pendidikan Islam), dan berbagai pemasukan dari para donatur. Berbagai jenis kegiatan keuangan sekolah diintegrasikan dengan keuangan yayasan sehingga dapat terlihat dan terlaporkan ke yayasan.
     
Pelaksanaan abdimas dilakukan oleh panitia dosen dan mahasiswa, yaitu Rochmawati, Renny Sukawati, Tamiya Gustriani Putri, Rinda Wredayanti, Izzuromadhani Zulvickarina, dan Muhammad Daffa Selvagusta. Melalui adanya aplikasi pencatatan dan pengelolaan keuangan sekolah, diharapkan dapat membantu memudahkan sekolah dalam kegiatan administrasi keuangan sekolah. Selain itu, diharapkan, kerja sama dengan mitra ini berlanjut melalui pengembangan fitur aplikasi sesuai kebutuhan sekolah ke depannya, serta implementasi penggunaan aplikasi yang berkelanjutan.
Video lengkapnya dapat disimak di channel youtube.com

Comments are closed.