Matakuliah Tingkat Universitas
ca | Kode Matakuliah | Nama Matakuliah | Deskripsi Singkat dan Daftar Pustaka – Bibliography |
1. | LUH1A2 | Bahasa Indonesia | Mahasiswa mendapatkan kesempatan berlatih menulis secara terbimbing dan mendapatkan materi ragam bahasa tulis ilmiah meliputi 1) penulisan huruf, kata, unsur serapan, dan pemakaian tanda baca, 2) pembentukan kata dan kalimat serta paragraf, 3) tata istilah dan definisi, 4) pemilihan topik, tema, judul, dan penyusunan kerangka karya ilmiah, 5) penyusunan bab pendahuluan, kajian pustaka, analisis, dan simpulan, pelengkap awal dan pelengkap akhir, 6) konvensi karya tulis ilmiah: pengetikan, pengutipan, dan daftar pustaka, serta 7) keplagiatan.
Students get the opportunity to writing practice under guidance and get the variety material of language scientific notebooks include 1) the writing of letters, words, elements of uptake, and the use of punctuation, 2) the formation of words, sentences and paragraphs, 3) the terminology and definitions, 4) the selection of topics, themes, titles, and the drafting of scientific framework, 5) the preparation of the introductory chapter, literature review, analysis, and conclusions, complementary initial and supplementary end, 6) Rail scientific paper: typing, citations and bibliography, and 7) plagiarism
Daftar Pustaka 1. Djuroto, Toto dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya. 2. Efendi, S. Th. Pedoman Penulisan Laporan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 3. Moeliono, Anton M. Th. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 4. Puspandari, Diyas. 2011. Handout Bahasa Indonesia. Universitas Telkom. 5. Widjono, 2007. Bahasa Indonesia, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, Jakarta: Grasindo. |
2. | DUH1A2 | Literasi TIK | Literasi TIK membahas dan mempraktekkan kompetensi literasi TIK. Dimulai dengan membahas dasar dan komponen TIK, kemudian akan berfokus pada kompetensi literasi TIK yang meliputi analisa kebutuhan informasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Kemudian melakukan penemuan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien dan melakukan evaluasi terhadap informasi yang dihasilkan dan proses penemuannya. Informasi kemudian akan disimpan dan dikelola. Dilanjutkan dengan proses membangun konsep baru atau membuat pemahaman baru dari informasi yang ada. Selain itu juga akan dipelajari penggunaan informasi dengan pemahaman dan mengakui budaya, etika, ekonomi, masalah hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi.
ICT literacy discusses and practices ICT literacy competencies. It starts by discussing basic and components of ICT, then will focus on ICT literacy competencies which include the analysis of information needs to solve a problem. Then the next step searchs the needed information effectively and efficiently and to evaluate the information produced and the process of discovery. The information will then be stored and managed. Continued with the process of building a new concept or create a new understanding of the information. It also will study the use of information by understanding and recognizing cultural, ethical, economic, legal, and social surrounding the use of information.
Daftar Pustaka Utama 1. Information Literacy Competency Standards for Higher Education, American Library Association, 2000 2. Framework for Information Literacy for Higher Education, The Association of College & Research Libraries, 2015 3. Modul Praktikum Aplikasi Perkantoran dan Pencarian Informasi, Tim Penulis Modul Praktikum S1 Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Telkom, 2015 4. California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework, 2008 5. Australian and New Zealand Information Literacy Framework: principles, standards and practice, second edition, Australian and New Zealand Institute for Information Literacy, 2004 Buku Pendukung 1. John L.Gordon, Creating Knowledge Maps by Exploiting Dependent Relationships, in: Knowledge Based Systems, Vol13 (April 2000), pages 71 – 79 2. Elsevier Science,Novak, J. D. & A. J. Cañas, The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them, Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008, Florida, Institute for Human and Machine Cognition, 2008 3. Walraven, A., Brand-Gruwel, S., & Boshuizen, H.P.A. (2009). How students evaluate sources and information when searching the World Wide Web for information. Computers and Education 25 (1), 234-246
|
4. | HUH1A2 | Pendidikan Agama Islam dan Etika | Mata kuliah pendidikan agama dan etika islam merupakan mata kuliah universitas yang memiliki kompetensi dasar pemahaman bagi mahasiswa yang diharapkan mampu berfikir rasional, bersikap dewasa dan dinamis, berpandangan luas, berkomitmen kuat dan melaksanakan ajaran Islam secara utuh, serta mampu melaksanakan proses belajar sepanjang hayat untuk menjadi ilmuwan dan profesional yang berkepribadian Islami yang menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaqan dalam kehidupan.
The religion of Islam education and ethics is the university subject that have a basic competencies of understanding for students who are expected to rational thinking, mature and dynamic, broad-minded, strong commitment and implement the teachings of Islam as a whole, and be able to implement a lifelong learning process to be a scientists and professional personality that upholds Islamic values of humanity in life
Daftar Pustaka 1. Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahannya. 2. Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Departemen Agama RI. 2004. Materi Instruksional: Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jakarta 3. Miftah Faridl. 2004. Pokok-pokok Ajaran Islam. Bandung: Pustaka |
HUH1B2 | Pendidikan Agama Kristen dan Etika | Mata kuliah pendidikan agama dan etika kristen merupakan mata kuliah universitas yang menitikberatkan pada ilmu Ketuhanan dan etika kristen yang meliputi konsep-konsep keilmuan mengenai 1) tritunggal, 2) manusia, 3) keselamatan, 4) iman, 5) dosa, 6) pertobatan, 7) kasih, serta 8) etika kristen yang meliputi pergaulan pra-nikah, pornografi, dan okultisme.
The religion of Christian education and ethics is the university subject that have focus on the science of Christian Divinity and ethics which cover the concepts of knowledge regarding 1) the trinity, 2) human beings, 3) safety, 4) faith, 5) sin, 6) conversion, 7) love, and 8) Christian ethics that includes pre-marital promiscuity, pornography, and occultism.
Daftar Pustaka 1. Dr. Theol, Becker, Dieter, (1993). Pedoman Dogmatika, Jakarta: BPK Gunung Mulia. 2. Dr.G.C van Niftrik & Dr. B.J. Boland, (1953). Dogmatika Masakini, Cetakan ke 4, Penerbit: G.F. Callenbach N.V,, Nijkerk. 3. Tong, Stephen, (1990). Peta dan Teladan Allah, Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia. 4. Thiessen, Henry C.,(1977). Teologi Sistematika, Malang: Penerbit Gandum Mas. 5. DR.J.Verkuyl . “Etika Kristen Bagian Umum” 6. Dr.Phil.Eka Darmaputra . “Etika Sederhana Untuk Semua” 7. Dorothy I.Marx . “Itu ‘Kan Boleh?” 8. Pdt.Prof.Dr.Ir. Bambang Yudho, M.Sc, MA, Ph.D . “How to Overcome Occultism?” 9. Craig S.Hawkins . “Seluk Beluk Sihir”
| |
HUH1C2 | Pendidikan Agama Katholik dan Etika | Mata kuliah pendidikan agama dan etika katolik merupakan mata kuliah universitas yang diharapkan mampu membentuk mahasiswa yang beriman kepada Allah menurut pola hidup Yesus Kristus dengan senantiasa mempertanggungjawabkan imannya dalam hidup menggereja dan memasyarakat. Mata kuliah ini secara garis besar meliputi pemahaman-pemahaman mengenai manusia, agama, Yesus, dan gereja.
The religion of catholic education and ethics is the university subject that is expected to form the students who believe in Allah according to the lifestyle of Jesus Christ by continuing account for his faith in life of the Church and socialize. This subject is primarily based on the understanding of human, religion, Jesus, and the church
Daftar Pustaka Buku Utama 1. Alkitab deuterokanonika, Lembaga Biblika Indonesia, Ende, Flores, NTT, 2001 2. YouCat (Youth Cathecism Katakese Orang Muda), Kanisius, 2012 3. Katekismus Gereja Katolik (KGK), Ende, Nusa Indah, 4. Dokumen Ajaran Sosial Gereja (DokPen KWI),
Buku Pendukung 1. Iman Katolik: Buku Informasi dan Referensi, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Kanisius, Yogyakarta, 1997 2. Kristologi Sebuah Sketsa (Niko Syukur Dister, OFM), Yogyakarta, 1987 3. Catholic Way, Mgr. Ign. Suharyo, Pr., 4. Pendidikan Agama Katolik, Ign. Ismartono, SJ, Jakarta, Obor, 1993 | |
HUH1D2 | Pendidikan Agama Hindu dan Etika | Mata kuliah pendidikan agama dan etika hindu merupakan mata kuliah universitas yang mendorong mahasiswa untuk mampu menunjukkan sikap religius, kemanusiaan dan sosial, serta takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pembelajaran berbagai kajian yang meliputi 1)ilmu pengetahuan, filsafat, dan agama, 2)etos kerja dalam hindu, 3) Weda sabda suci Tuhan sumber ajaran hindu, 4)Teologi Hindu, 5)catur purusa artha dan catur asrama, 6)Sosiologi hindu, 7)sumber dan dasar-dasar etika hindu, 8)yajna dan bhakti, serta 9)kepemimpinan hindu.
The religion of Hindu education and ethics is the university subject that encourage students to be able to demonstrate an attitude of religious, humanitarian, social, and piety to God Almighty through various learning studies include 1) science, philosophy, and religion, 2) work ethic in hindu, 3) Weda the holy God words of the teachings of Hindu, 4) the theology of Hindu, 5) catur purusa artha and catur asrama, 6) The Sociology of hindu, 7) sources and foundations of Hindu’s ethics, 8) yajna and bhakti, and 9) leadership of Hindu.
Daftar Pustaka Buku Utama: 1. S. Radhakrishnan, Pandangan Hidup Hindu, Penerbit: MediaHindu. 2. Hadiwijono, Harun, (2006). Agama Hindu Dan Budha, Penerbit: BPK Gunung Mulia. 3. Anand Krishna, (2008). Tri Hita Karana, Cetakan ke 1, Penerbit: Koperasi Global Anand Krishna, 99 hal. 4. Tjok Rai S. (2008). Upadesa Tentang Ajaran-ajaran Agama Hindu, Penerbit: Paramita, Surabaya. 5. Buku Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi 6. Buku Weda Sabda Suci
Buku Pendukung : 1. Swami Ranganathananda. Bhagavad Gita, Penerbit: MediaHindu. 2. G. Puja MA dan Tjokorda Rai Sudharta MA, (1973). Manawa Dharma Sastra, Lembaga Penterjemah Kitab Suci Weda 3. Buku Sarasamuscaya. 4. Buku Slokantara. 5. Buku Niti Sastra 6. Buku Catur Weda Samhita
| |
HUH1E2 | Pendidikan Agama Budha dan Etika | Mata kuliah pendidikan agama dan etika budha merupakan mata kuliah universitas yang memotivasi mahasiswa dengan pemahaman dalam berketuhanan Yang Maha Esa dengan memahami berbagai keilmuan budha yang meliputi 1) teologi Ketuhanan Yang Maha Esa, 2) ilmu mengenai manusia, 3) Agama, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, 4) Kerukunan antar umat beragama, serta 5)agama dalam kehidupan politik dan hokum.
The religion of Buddha education and ethics is the university subject that motivate the students with an understanding of the God Almighty to understand the science of Buddha which include 1) theology on God, 2) the science of man, 3) Religion, science, technology, and the arts, 4) religious harmony, and 5) the religion in life of political and law
Daftar Pustaka: 1. T. Suwarto. (1995). Buddha Dharma Mahayana, Jakarta: Majelis Agama Buddha Indonesia. 2. Tanggok, M Ikhsan. (2009). Agama Buddha, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. – Dharma K. Widya, (2007). Dharma Ajaran Mulia Sang Buddha. Cetakan ke II, Penerbit: PP Magabudhi, Editor: Bhikkhu Sukhemo Mahathera, MA 136 hal. 3. Dhamma Sari Maha Parinibbana Sutta Jataka S. Widyadharma. 4. Intisari Agama Budha. | |
HUH1F2 | Pendidikan Agama Kong Hu Cu dan Etika | Tujuan pendidikan Agama Khonghucu ini adalah agar mahasiswa mendapatkan informasi yang benar tentang Agama Khonghucu, mengerti, memahami, dan mengambil intisari ajaran Agama Khonghucu yang bersifat universal sehingga mahasiswa diharapkan dapat mengamalkan di dalam kehidupan supaya menjadi seorang Kuncu (Berbudi Luhur), mempunyai budi pekerti luhur dan akhlak yang tinggi, mempunyai etika yang tinggi berdasarkan Cinta Kasih, Kebenaran, Susila, Bijaksana, dan dapat dipercaya yang pada akhirnya dapat menjadi masyarakat yang baik dan dapat membangun Bangsa dan Negara Indonesia.
The aim of education Confucianism is that students get the correct information about Confucianism, understand, and take the essence of the teachings of Confucianism that is universal so that students are expected to practice in life to become a Kuncu (Virtuous), has a noble character and morals high, have high ethical by Love, Truth, Vice, Wisdom, and trusted that eventually can become a good community, and to build the Nation Indonesia.
Daftar Pustaka: 1. Hadakusuma, Hilman, S.H. (1993). Antropologi Agama. Bandung: PT Citra Adya Bakti. 2. Mathar, Qasim. (2005). Sejarah Teologi dan Etika Agama-Agama. Yogyakarta: Dian/ Interfidai. 3. Nahrawi, Nahar. (2003). Memahami Kong Hu Cu sebagai Agama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. | |
4. | DUH2A2 | Kewirausahaan | Matakuliah Kewirausahaan ini adalah matakuliah dengan kosentrasi pada Business Plan yang dapat diimplementasikan oleh mahasiswa selama satu semester. Mahasiswa dalam tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan Pengertian Kewirausahaan, Motivasi, Inovasi, Kepemimpinan, Kreativitas, Pengembangan Ide, Kerja Sama, Negoisasi – Relasi Usaha, Business Plan, dan Praktik Business Plan yaitu merancang dan mengevaluasi business plan.
Entrepreneurship course this is subject to the concentration in the Business Plan that can be implemented by a student for one semester. Students in each stage study will examine the subject of Understanding Entrepreneurship, Motivation, Innovation, Leadership, Creativity, Idea Development, Cooperation, Negotiations – Business Relations, Business Plan, and Practice Business Plan is to design and evaluate the business plan.
Daftar Pustaka: 1. Ir. Hendro, MM, Dasar-dasar Kewirausahaan, Penerbit Erlangga 2011 2. John C. Maxwell, The Five Level of Leadership, MIC 2014 3. Deepak Malhotra, I Move Your Cheese, MIC 2014 4. Tim Kick Andy, Kreativitas Tanpa Batas, Bentang Pustaka2014 5. John C. Maxwell, Teamwork Makes The Dream Work: Wujudkan Impian Besarmu, MIC 2015 6. Robby I. Chandra, Serial Perjalanan Kepemimpinan: Kamu Juga Bisa!, Young Leaders Indonesia 2010
|
7. | LUH1B2 | Bahasa Inggris I | Mata kuliah Bahasa Inggris I (General English) merupakan mata kuliah universitas yang memiliki capaian pembelajaran bagi mahasiswa agar mampu memahami ide dan makna secara kritis dari teks dan tuturan berbahasa inggris, serta mampu menyampaikan, mengkonstruksikan dan mengkomunikasikan ide yang bermakna dalam Bahasa Inggris yang baik dan berterima.
English I (General English) is a university subject that have learning outcomes for students to be able to understand the ideas and meanings critically of text and speech to speak English, and able to deliver, construct and communicate the meaningful ideas in English which is good and thank.
Daftar Pustaka: 1. Hofstede, G., Hostede, G.J., and Minkov, M. (2010). Cultures and Organizations: Software of the Mind, Intercultural Cooperation and Its Importance for Survival. New York: McGraw-Hill. 2. Jones, Leo. (2007). Let’s Talk 1-3. New York: Cambridge University Press. 3. LeBeau, C. & Harrington, D. (2006). Discussion: Process and Principles. Oregon: Language Solution, Inc. 4. LeBeau, C. & Harrington, D. (2003). Getting Ready for Speech: A Beginner Guide to Public Speaking. Oregon: Language Solution, Inc. 5. McCharthy, M, & O’Dell F. (2013). Academic Vocabulary in Use. 8th Edition. Cambridge: Cambridge University Press. 6. Singleton, J. (2008). Writers at Work. Cambridge: Cambridge University Press. 7. Various onlinepictures and articles. 8. Downloaded video. |
8. | HUH1G3 | Pancasila dan Kewarganegaraan | Mata kuliah pancasila dan kewarganegaraan merupakan mata kuliah universitas yang menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan konsep aktualisasi dari nilai-nilai Pancasila serta kewarganegaraan Indonesia yang secara garis besar meliputi pemahaman mengenai 1) pengembangan kepribadian, 2) ideologi berbangsa dan bernegara, 3)hak asasi manusia, 4)hak dan kewajiban warga negara, 5)aktualisasi demokrasi berkeadaban, 6)analisis penegakkan hukum dan the rules of law, serta 7)berbangsa dan bernegara.
Pancasila and citizenship is the university subject that explain things that are related to the actualization concept values of Pancasila and Indonesia citizenship which is primarily based on understanding of 1) the development of personality, 2) the ideology of the state and nation, 3) human rights, 4) the rights and obligations of citizens, 5) actualization of civilized democracy, 6) analysis of law enforcement and the rule of law, and 7) the state and nation
Daftar Pustaka Utama 1. Arwiyah, Yahya.M dkk.2011. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Bandung: YPT Press 2. Arwiyah, Yahya.M dkk.2014.Civic Education di indonesia. Bandung: ALfabeta 3. Arwiyah, Yahya.M.2013. Regulasi Kewarganegaraan Indonesia. Bandung: Alfabeta 4. Budimansyah, D. dan Winataputra,S,U.(2007).Civic education konteks,landasan, bahan ajar, dan kultur kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. 5. Somantri, M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. 6. Undang-undang Dasar 1945 pasca amandemen 7. Instrumen-instrumen HAM Nasional dan Internasional (PBB) 8. Kaelan. (1990). Pancasila. Yogyakarta: Panorama 9. Muchtar, K .(1983). Hukum Laut Internasional, Bandung: PT Bina Cipta 10. Notonagoro .(1980). Beberapa hal Mengenai Falsafah Pancasila. Jakarta: Pancuran Tujuh 11. Tim Dikti & Lemhannas (2003), Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia 12. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 13. Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 Tentang POLRI 14. Undang-Undang No.3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara. 15. Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 jo. UU No.32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah Buku Pendukung 1. Branson. S. Margaret dkk. (1998). “Belajar “Civic Education” dari Amerika”, Yogyakarta: diterbitkan atas kerjasama: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) dan The Asia Foundation (TAF). 2. Cogan, J. J dan Derricott, R.,(1998).Citizenship for the 21st century: An International perspective on Education.London: Kogan Page
|
Matakuliah Tingkat Fakultas
No | Kode Matakuliah | Nama Matakuliah | Deskripsi Singkat dan Daftar Pustaka – Bibliography |
1. | DMH1A2 | Olahraga | Mata kuliah Olahraga membekali mahasiswa mengenai konsep Olahraga dan praktek kegiatan‐kegiatan jasmani dan Olahraga baik yang berkaitan dengan kesegaran jasmani maupun nilai-nilai olahraga.
Physical course teachs students about the concept of Sports and practice of physical activities and sports, both with regard to physical fitness as well as the values of sport.
Daftar Pustaka: 1. Maksum, A. 2005. Olahraga Membentuk Karakter: Fakta atau Mitos. Jurnal Ordik, Edisi April Vol. 3, No. 1/2005. 2. Maksum, A. 2007. Psikologi Olahraga: Teori dan Aplikasi. Surabaya: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. 3. Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud. 4. Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani: FHosofi, Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung: Penerit Nuansa. |
2. | DMH1B2 | Pengembangan Profesionalisme | Mata kuliah Professional Development adalah mata kuliah yang mengajarkan dan melatih mahasiswa untuk menampilkan diri secara profesional baik penampilan fisik, sikap yang ditampilkan serta tata cara berkomunikasi di dunia kerja. Mata kuliah ini didominasi oleh beberapa pelatihan seperti pelatihan Beauty Class, Table Manner, Public Speaking, serta Administrasi lamaran & Wawancara Kerja.
Professional Development courses are courses that teach and train students to present themselves in a professional manner, both physical appearance and attitude displayed ordinances communicate in the workplace. This course is dominated by some training such as training Beauty Class, Table Manner, Public Speaking, as well as the administrative application & Job Interviews.
Daftar Pustaka: 1. Komunikasi Bisnis, Yantri Indah Kusumastuti, 2009; IPB Press 2. Organizational Behavior, Stephen P. Robbins;Timothy A. Judge, 2010; Prentice Hall 3. Kunci Pengembangan Diri, Dra. M.M. Nilam Widyarini, M. Si, 2009; Elex Media Komputindo 4. Berkarier di era global, An Ubaedy, 2008; Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta |
5. | DMH2A2 | Kerja Praktek | Kerja Praktek merupakan kerja nyata selama 6 – 8 pekan dengan beban kerja per setara dengan 8 (delapan) jam per pekan di suatu perusahaan/lembaga/institusi dengan tujuan mendapatkan pengalaman kerja dan melakukan pengamatan terhadap pekerjaan yang bersesuaian dengan kompetensi program studi.
Job training is a real work for 6-8 weeks with a workload equivalent to eight (8) hours per week in a company / organization / institution in order to get work experience and observations of the corresponding work with the study program competencies. |
6. | DMH3A6 | Magang | Mata kuliah Magang membekali dan melatih mahasiswa untuk mengantisipasi tuntutan kompetensi di industri, meliputi: kemampuan operasional, adaptasi, analisis, penyelesaian masalah dan wawasan terkini pada kompetensi yang dipilih. Mata kuliah ini dilaksanakan secara mandiri pada lingkungan kerja riil selama 6 (enam) bulan dan terlibat intensif pada divisi tertentu
Internship courses teach and train students to anticipate the demands of competence in the industry, including: operational ability, adaptability, analytical, problem solving and the latest insights on selected competencies. The course was conducted independently on a real working environment for 6 (six) months and involved intensively in certain divisions |
Matakuliah Program Studi
No | Kode Matakuliah | Nama Matakuliah | Deskripsi Singkat dan Daftar Pustaka – Bibliography |
1. | DPH1F4 | Algoritma dan Pemrograman | Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar, analisa dan perancangan algoritma yang mencakup tipe data, variabel, operator, struktur kontrol (percabangan dan perulangan), serta pemrograman modular. Matakuliah ini juga mempraktekkan implementasi algoritma pada bahasa pemrograman C++.
This course studies basic concept, analysis and design of algorithm, which include data type, variable, operators, control structure (selection and condition, looping) and modular programming. This course also practices the implementation of algorithm using C++ programming language
Daftar Pustaka: 1. R. Munir, Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, dan C++ (Edisi 6), 2016 2. Soulié, Juan, C++ Language Tutorial, http://www.cplusplus.com/doc/tutorial/ |
2. | DCH1B2 | Dasar Komputer dan Jaringan | Mata kuliah ini mempelajari sejarah komputer dan jaringan, perangkat komputer dan jaringan, pengenalan sistem operasi serta peran analisis kebutuhan perangkat keras dan jaringan pada proses Software Development Life Cycle (SDLC). Mata kuliah ini juga mempraktekkan perakitan komputer, troubleshooting perangkat dasar komputer, pembuatan jaringan komputer sederhana, troubleshooting jaringan komputer serta instalasi sistem operasi.
This course studies the history of computer and computer network, computer and network devices, introduction to operating system and the role of hardware and network requirements analysis on the Software Development Life Cycle (SDLC). This course also practices the computer assembly, basic troubleshooting of computer devices, making of simple computer network, computer network troubleshooting and installation of the operating system.
Daftar Pustaka: 1. Schniedewind, Norman F. Computer, Network, Software and Hardware Engineering with Applications. Willey-IEEE, 2012. 2. Goel, Anita. Computer Fundamentals, Pearsons, 2010. 3. Tanenbaum, Andrew S. and David J. Waterhall. Computer Networking, 5th Edition. Pearson Education, 2012. |
3. | DAH1A4 | Prinsip Akuntansi I | Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar akuntansi keuangan, persamaan akuntansi, siklus akuntansi, teknik pencatatan transaksi-transaksi bisnis serta penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur dengan jenis perusahaan perorangan dan perseroan terbatas baik secara manual maupun menggunakan teknologi informasi serta menjelaskan hubungan antar laporan keuangan dan menginterpretasikan informasi yang disajikan.
This course learns about basic financial accounting, the accounting equation, accounting cycle, recording techniques of business transactions and preparation of financial statements for the company’s services, trade and manufacturing with the kind of sole proprietorships and limited liability either manually or using information technology as well as explain the relationship between the financial statements and interpret the information presented.
Daftar Pustaka: 1. Warren, Reeve, Duchac, Suhardianto, Kalanjati, Jusuf & Djakman. Pengantar Akuntansi, Adaptasi Indonesia. 2015. Penerbit Erlangga, Jakarta.
|
2. | DAH1B3 | Pengantar Manajemen dan Bisnis | Matakuliah ini mempelajari empat fungsi dasar manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Termasuk didalamnya membahas tentang konsep fungsional area dalam bisnis dan penerapan manajemen dalam functional area tersebut. Fungsional area yang dibahas antara lain adalah human resources, marketing, public relations, financial management, operations management, dan purchasing and supply management. Pengantar management bisnis membekali mahasiswa dengan konsep e-bisnis dan bagaimana pemanfaatan e-bisnis dalam area fungsional bisnis.
The Courses learn about four basic management functions: planning, organizing, implementing, and controlling. It also provides the basic concept in business functional areas and how management implemented in those business functional areas. The business functional areas will be discussed in this course are human resources, marketing, public relations, financial management, operation management, and purchasing & supply management. Introduction to Business Management equip students with basic concept of e-business and utilization e-business in functional area.
Daftar Pustaka: 1. JA Badenhorst-Weiss, T Brevis-Landsberg, Introduction to Business Management, OUP Southern Africa, 2013. 2. R. Kelly Rainer, Casey G. Cegielsk, Introduction to Information Systems: Enabling and Transforming Business 5th Edition, John Wiley & Sons, 2013. |
3. | DPH1A3 | Logika Matematika | Matakuliah ini berisi materi yang berkaitan dengan logika matematika dan matematika diskrit. Selain itu mahasiswa dikenalkan dengan implementasi matematika yang dalam Bidang Teknologi Informasi.
This course contains materials related to mathematical logic and discrete mathematics. In addition, students also introduced with the implementation of mathematic in Information and Technology area.
Daftar Pustaka: 1. Nugroho, Heru. Matematika Diskrit dan Implementasinya dalam Bidang TI, Penerbit Deepublish. 2015. 2. Rosen, K. H., Discrete Mathematics and Its Applications, 7th Edition, McGraw-Hill, Singapore, 2012 3. Rosen, K. H., Discrete Mathematics and Its Applications Global Editions – 7/ED, McGraw-Hill, Singapore, 2013 4. Peter Grossman, Discrete mathematics for Computing, Third Edition, Palgrave Mac Millan, New York, 2009 5. F. Soesianto, Djoni Dwijono, Logika Matematika untuk Ilmu Komputer, Edisi 1, Andi, 2006. |
6. | DPH1H3 | Web Desain | Mata kuliah ini mempelajari tentang prinsip/aturan perancangan antar muka pengguna; pengaruh ethographic, sosial impact dan legal issue pada perancangan antar muka pengguna; dan merancang mock-up halaman web. Matakuliah ini juga mempelajari HTML, Style Sheet dan penggunaan template web.
This course learn about the principles / rules of user interface design; ethographic influence, social impact and legal issues in design user interface; and designing a mock- up web pages. This course also learn HTML, Style Sheet and use web templates.
Daftar Pustaka: 1. Shneiderman, B., & Plaisant, C. (2010). Designing The User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction. Addison-Wesley. 2. Vodnik Sasha (2011). HTML5 and CSS3 – Illustrated complete, first edition. 3. Jennifer T. Campbell, Web Design: Introductory, Cengage Learning, 2014. ISBN 1305176278, 9781305176270 4. Kris Jamsa, Introduction to Web Development Using HTML 5,Jones & Bartlett Publishers, 2013, ISBN 1284032892, 9781284032895
|
7. | DAH1C3 | Basis Data Relasional | Matakuliah ini mempelajari tentang tahapan perancangan basis data dan keterkaitan dengan proses Software Development Life Cycle (SDLC). Materi didalamnya fokus pada konsep basis data relasional diawali dengan membuat perancangan basis data dalam bentuk ER Diagram. Transformasi ER Diagram menjadi tabel dan membuat diagram relasi antar tabel dan skema relasi. Proses normalisasi pada kasus tabel yang belum normal. Materi pelengkapnya adalah mempraktekkan perintah SQL (DDL) berdasarkan skema relasi.
The course learns about the stages of database design and linkage with the Software Development Life Cycle (SDLC). The materials focus on the concept of relational database. It begins by creating a database design using the ER Diagram. Transformation of ER diagram into a table and chart relationships between the tables and the relation scheme. The process of normalization in the case unnormalized. Supplementary material is practiced SQL commands (DDL) based on the relation scheme.
Daftar Pustaka: 1. Hoffer, Jeffrey A.; Venkataraman, Ramesh; Topi, Heikki. “Modern Database Management (10th Edition)”. 2011. |
8. | DAH1D4 | Prinsip Akuntansi II | Matakuliah Prinsip Akuntansi 2 memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses perhitungan dan penjurnalan atas transaksi akun-akun aset (Buku penerimaan kas, buku pengeluaran kas, kas kecil, rekonsiliasi bank, penyisihan piutang, perhitungan persediaan, metode penyusutan, pencatatan amortisasi), liabilities (utang usaha, utang obligasi, accrued income, accrued expense) dan ekuitas (pencatatan saham biasa, saham preference, dan treasury stock) berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan berbasis konvergensi IFRS maupun SAK ETAP.
Accounting Principles 2nd courses provide knowledge to the students on the calculation process and journaling on transaction accounts of assets (book cash receipts, cash disbursements books, petty cash, bank reconciliation, the allowance for accounts receivable, inventory calculations, the method of depreciation, amortization recording), liabilities (accounts payable, bonds payable, accrued income, accrued expense) and equity (registration of ordinary shares, preference shares and treasury stock) by the Financial Accounting Standards based on the convergence of IFRS and GAAP ETAP
Daftar Pustaka: 1. Warren, Reeve, Duchac, Suhardianto, Kalanjati, Jusuf & Djakman. Pengantar Akuntansi, Adaptasi Indonesia. 2015. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
|
9. | DAH1E3 | Akuntansi Biaya | Mata kuliah Akuntansi Biaya mempelajari tentang kegiatan manajemen dalam melakukan fungsi-fungsi perencanaan dan pengendalian biaya. Juga dikaji tentang perhitungan harga pokok produksi dengan sistem biaya pesanan (job order costing) dan biaya proses (proccess costing) terkait perlakuan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik Cost Accounting is a course teach about the activities of management in performing the functions of planning and cost control. Also examined about calculation of cost of goods manufacture job order costing and process costing, associated treatment costs of raw materials, labor costs and factory overhead costs
Daftar Pustaka: 1. Financial Management Principle and Application student Value, Arthur J keown, Pearson, 2013, 2. Akuntansi Biaya, Baldric Siregar, Bambang Suripto, Dody Hapsoro, Eko Widodo Lo, Erlina Herowati, Lita Kusumasari, dkk (Salemba Empat 2013) 3. Akuntansi Biaya: Pendekatan Product Costing ,Kautsar Riza Salman, S.E., Ak., M.S.A., B.K.P., S.A.S. Akademia 2013 |
10. | DAH1F3 | Sistem Informasi Manajemen | Matakuliah ini mempelajari tentang organisasi, sistem, komponen sistem informasi, tipe sistem informasi, penggunaan sistem informasi di organisasi, sistem informasi di setiap fungsional perusahaan, memodelkan proses bisnis di perusahaan/organisasi, kebutuhan bisnis akan process improvement serta analisis kebutuhan bisnis yang dapat diselesaikan dengan menggunakan teknologi informasi.
This course learns about the organization, systems, components of information systems, types of information systems, the use of information systems in organizations information systems in each organizational function, modelling the business processes in the company or organization, business needs of process improvement and analysis of business requirements using information technology solutions.
Daftar Pustaka: 1. Kenneth J. Sousa and Effy Oz. Management Information Systems, 7th Edition. 2015 2. JA Badenhorst-Weiss and T Brevis-Landsberg,. Introduction to Business Management. OUP Southern Africa. 2013. 3. Misra, Harekrishna. Information Systems Management in Business and Development Organizations. PHI Learning. Delhi. 2013. 4. Roebuck, Kevin. Business Process Analysis: High-impact Strategies – What You Need to Know: Definitions, Adoptions, Impact, Benefits, Maturity, Vendors. Emereo Publishing. 2012 5. Darnton. Geoffrey. Business Process Analysis: Including Architecture, Engineering, Management, and Maturity. 2012
|
11. | DMH1G2 | Pengembangan Personal | Mata kuliah Pengembangan Personal adalah mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa untuk mengenali dan menyadari potensi diri serta memahami bagaimana cara mengembangkan kepribadiannya melalui pemahaman intrapersonal skill seperti konsep diri, self awarness, kecerdasan emosi & sosial, mengelola stress, manajemen waktu & skala prioritas, dan merancang goal setting.
Personal Development is a course that teaches students to recognize and realize their potential as well as understand how to develop his personality through the understanding of intrapersonal skills such as self-concept, self-awareness, emotional intelligence and social, managing stress, time management and priorities, and designing goal setting.
Daftar Pustaka: 1. Komunikasi Bisnis, Yantri Indah Kusumastuti, 2009; IPB Press 2. Organizational Behavior, Stephen P. Robbins;Timothy A. Judge, 2010; Prentice Hall 3. Kunci Pengembangan Diri, Dra. M.M. Nilam Widyarini, M. Si, 2009; Elex Media Komputindo 4. Berkarier di era global, An Ubaedy, 2008; Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta 5. Habit, J.I Michell Suharli, 2002;PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 6. The 7 Habits of highly Effective Teens, Sean Covey;Binarupa Aksara, 7. Etika & Etiket, 2010; PT. Gramedia, Mien Uno, Jakarta |
12. | DPH2D3 | Pemrograman Web | Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar Object Oriented Programming (OOP), pengenalan bahasa pemrograman php yang mendukung terhadap OOP, dasar pemrograman berbasis framework, sampai dengan membuat aplikasi sederhana berbasis framework.
This course learns basic Object Oriented Programming (OOP), introduction PHP programming language supports OOP concepts, Basic framework programing, create a simple application based on framework programming.
Daftar Pustaka: 1. Programming PHP, Kevin Tatroe, Peter MacIntyre & Rasmus Lerdorf, 2013; Oreilly 2. CodeIgniter Web Application Blueprints, Rob Foster, 2015;PACKT 3. Menjadi Master PHP dengan Framework CodeIgniter, Wardana, 2010;Elex Media Komputindo |
13. | DMH2F3 | Analisis dan Perancangan Sistem Informasi | Matakuliah ini mempelajari tentang tahap Software Development Life Cycle (SDLC) dan posisi analisis perancangan sistem informasi pada proses Software Development Life Cycle (SDLC); membaca, memahami, menganalisis dan merancang proses bisnis dengan BPMN Business Process Modelling Notation), interpretasi BPMN ke activity diagram, serta analisis dan perancangan sistem informasi menggunakan UML.
This course learns about the stages of Software Development Life Cycle (SDLC) and the position of analysis and designers of information system in Software Development Life Cycle (SDLC); read, understand, and analyze business processes using BPMN (Business Process Modeling Notations), interpretation BPMN into activity diagram, and Analysis and Design of Information Systems. Daftar Pustaka: 1. Dennis, Wixom, and Tegarden, Systems Analysis and Design: An Object-Oriented Approach with UML, 5th Edition, March 2, 2015 2. David P. Tegarden, Alan Dennis, Barbara Haley Wixom, Systems Analysis and Design with UML, 4th Edition International Student Version. John Wiley & Sons. April 2012. 3. Ian Sommerville. Software Engineering, 9th Edition. 2011. 4. The Unified Modeling Language, http://www.uml-diagrams.org/
|
14. | DMH2F2 | Bahasa Query Terstruktur | Matakuliah ini mempelajari tentang mempraktekkan bahasa untuk mengelola data dalam basis data relasional yang dikenal dengan Structure query language. Bahasa SQL akan fokus kepada data definition language, data manipulation language, dan SELECT statement untuk mengambil informasi. Select statement akan digunakan untuk membuat reporting yang dihimpun dari data dalam basis data.
This course learns about practicing the language to manage data in a relational database, known as Structured query language. SQL language will focus on the data definition language, a data manipulation language, and SELECT statement to retrieve information. Select statement will be used to create reporting of the data collected in the database
Daftar Pustaka: 1. Darmawikarta, Djoin. SQL For MySQL : A Beginner’s Tutorial. 2014. Brainy Software Inc. 2. Sheldon, Robert; Moes, Geoff. Beginning MySQL. 2005. Wiley Publishing, Inc. |
15. | DAH2D3 | Dasar Perpajakan | Matakuliah Dasar Perpajakan memberikan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa agar dapat mengetahui konsep dasar perpajakan, mampu menyebutkan ketentuan umum perpajakan, mampu menjelaskan konsep pajak daerah dan pajak pusat seperti pajak penghasilan serta mahasiswa mampu menghitung secara manual maupun secara elektronik dengan menggunakan e-SPT (untuk PPh psl. 21) dan e-Faktur untuk PPN.
Taxation Fundamental courses provides an understanding, knowledge and abilities to the students to be aware of the basic concepts of taxation, able to mention the general provisions of taxation, able to explain the concept of local taxes and tax government, such as income tax and the student is able to calculate manually or electronically using e-SPT (for Income Tax art. 21) and the e-invoice for VAT.
Daftar Pustaka: 1. Abdul Halim, Icuk Rangga Bawono, Amin Dara. Perpajakan (Konsep, Aplikasi, Contoh, dan Studi Kasus). 2014. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. 2. Mardiasmo. Perpajakan, Edisi Revisi 2011, Penerbit ANDI Yogyakarta. 2013. 3. Waluyo. Perpajakan Indonesia, Edisi 11 Buku 1. 2014. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. 4. Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. 5. Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan 6. Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah |
16. | DAH2E3 | Akuntansi Keuangan Menengah | Mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah membahas mengenai Kerangka Dasar Penyusunan Laporan Keuangan;(Jasa, Dagang, dan Manufaktur) untuk Laporan Laba Rugi; Laporan pendapatan Komprehensif; Laporan perubahan equitas; laporan posisi keuangan; Catatan Atas Laporan Keuangan, Laporan Arus Kas, Leasing, Perhitungan Perolehan Aset Tetap, Perhitungan Perolehan Saham dan Obligasi serta perubahan dan koreksi kesalahan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku.
Intermediate accounting is a courses dealing with basic framework for preparing the financial statements; (service, Commerce, and manufacturing) for income statement; A statement of Comprehensive income; Statement of change in equity; a statement of financial position; Notes to the financial statements, a statement of cash flow, Leasing, acquisition of fixed assets Calculation, calculation of the acquisition of Shares and bonds, as well as changes and error correction based on the accounting standards applicable to financial
Daftar Pustaka:
1. Intermediate Accounting, IFRS Edition Fourteen Edtion, Kieso, Weygant and Warfield, 2014, 2. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Buku 1, Dwi Martani, Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, Edward Tanujaya (Salemba Empat 2012) , 3. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS,Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, Sylvia Veronica Siregar Salemba Empat 2012
|
17. | DMH3B2 | Etika Profesi | Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai nilai-nilai luhur yang harus dijunjung sesuai dengan profesi yang akan diembannya setelah lulus mencakup: etika sebagai profesional IT, jenis-jenis kejahatan maya (cyber crime), lisensi perangkat lunak, hukum-hukum yang berkaitan dengan penerapan teknologi informasi, serta pengakuan kekayaan intelektual. This course provides an understanding to the students on the noble values that must be upheld in accordance with the profession that will be entrusted upon graduation, include: ethics as an IT professional, the types of cyber crime (cyber crime), software licenses, laws relating with the application of information technology, as well as the recognition of intellectual property
Daftar Pustaka: 1. Phillips, Douglas E. The Software License Unveiled. 2009 2. Peraturan Pemerintah RI Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. 2012 3. K. Jaishankar. Cyber Criminology. 201 4. Britz, Marjie T. Computer Forensics and Cyber Crime. 201 5. Ferguson. Professional Ethics and Etiquette 3rd Edition. 2009 6. Undang Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. 2008 7. Undang Undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. 2008 8. Undang Undang No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. 2014 |
18. | DPH2H3 | Pemrograman Web Berbasis Framework | Matakuliah ini difokuskan pada pemahaman dan kemampuan pemrograman web menggunakan framework dan mengimplementasikan basis data, yang dilakukan secara mandiri atau kelompok dalam simulasi pembangunan proyek dalam dunia nyata . Matakuliah ini menjelaskan tentang cara kerja, lingkungan, struktur, pembangunan aplikasi terintegrasi dengan penggunaan basis data dalam framework pemrograman web.
This course is focused on understanding and ability to use web programming framework and implement the database, which is conducted independently or group in the simulation project development in the real world. This course describes how the work environment, structure, integrated application development with use of databases in web programming framework.
Daftar Pustaka: 1. Practical CodeIgniter 2 Projects:Building RealWorld Apps with CodeIgniter:Jamie Rumbelow: Apress L.P.:2009 2. Codeigniter 2 Cookbook, Rob Foster: Packt: 2013. |
19. | DAH2F3 | Perencanaan Sumber Daya Perusahaan | Matakuliah ini membahas tentang fungsi bisnis dan proses bisnis, perkembangan sistem perencanaan sumber daya erusahaan (Enterprise Resource Planning/ERP), proses di setiap area fungsional perusahaan, yaitu: marketing&sales, produksi akuntansi di ERP, sumber daya manusia menggunakan ERP, dan pengenalan pemodelan proses, perbaikan proses dan implementasi ERP.
This course studies business function and process business, enterprise resource planning evolution, and business process in each functional area such as marketing & sales, production, accounting in ERP, human resource using ERP and introduction to process modeling, business process improvement and ERP implementation.
Daftar Pustaka: 1. Monk, Ellen; Wagner, Bret. Concepts in Enterprise Resource Planning. 2012. 2. Management Association, Information Resources. Enterprise Resource Planning: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications. 2013. |
20. | DAH2G3 | Perpajakan Lanjut | Mata kuliah Perpajakan Lanjutan memberikan pemahaman dan pengetahuan serta wawasan praktis kewajiban perpajakan kepada mahasiswa mengenai perhitungan pajak daerah, PBB-P2, BPHTB, PBB-P3, bea meterai, pajak penghasilan final pasal 4 ayat (2) & pasal 15, pajak penghasilan pasal 22, pasal 23/26, pembuatan e-Faktur dalam PPN, dan pajak penghasilan WP badan.
Advanced Taxation courses provide an understanding and knowledge and practical insight tax obligations to students concerning the calculation of local taxes, the property tax-rural and urban (PBB-P2), fees for acquisition of land and buildings (BPHTB), property tax-agriculture, forestry and mining (PBB-P3), stamp duty, income tax final paragraph of Article 4 (2) and article 15, income tax article 22, section 23/26, the creation of e-invoicing in VAT and income taxes of corporate tax payers.
Daftar Pustaka: 1. Diaz Printara. Perpajakan Indonesia. 2012. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta. 2. Siti Resmi. Perpajakan: Teori dan Kasus. 2011. Penerbit salemba Empat, Jakarta. 3. Waluyo. Perpajakan Indonesia, Edisi 11 Buku 1. 2014. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. 4. Waluyo. Perpajakan Indonesia, Edisi 11 Buku 2. 2014. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. 5. Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. 6. Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan 7. Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah
|
21. | DAH2H3 | Akuntansi Manajemen | Mata kuliah Akuntansi Managemen menjelaskan tentang berbagai aspek, metode akuntansi manajemen sebagai sumber dalam menghasilkan berbagai informasi akuntansi management seperti: peran akuntansi manajemen; perbedaan akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen; ruang lingkup akuntansi manajemen, klasifikasi, konsep dan terminologi biaya, analisis biaya volume dan profit; penentuan harga pokok variable; analisis BEP, penganggaran, metode pembiayaan, metode pembiayaan activity based costing (ABC), penggunaan informasi akuntansi untuk pengambilan keputusan taktis.
This course explains about aspect and method in managerial accounting to get amanegerial accounting’s informatio. Include: the role of management accounting; comparison between financial and manegerial accounting; scope in managerial accounting; cost terms, concepts and clasification; cost volume profit analysis; Variable costing for planning; BEP analysis; budgeting; Costing method; Abc Costing; use accounting information for tactical decision making.
Daftar Pustaka: 1. Wild Shaw, Managerial Accounting, 2013, Mcgraw Hill 2. Garrison, Managerial Accounting, 14th Edition 14th Edition, 2013, McGraw Hill 3. Garrison , Introduction to Managerial Accounting 6th Edition, 2012, Mcgraw Hill 4. Prawironegoro, Darsono; Purwanti, Ari. Edisi: ke-3 Akuntansi Manajemen Penerbit: Jakarta: Mitra Wacana Media Tahun terbit: 2012 |
22. | DAH2I3 | Akuntansi Organisasi Non Profit | Matakuliah ini membahas tentang pentingnya, peran dan bentuk laporan akuntansi di perusahaan pemerintah, akuntansi di perusahaan publik, Laporan akuntansi di Instansi pendidikan, Laporan Akuntansi di Rumah sakit dan Klinik, Laporan akuntansi Yayasan, Laporan Akuntansi Koperasi, membahas peran dan pentingnya laporan akuntansi di perusahaan nirlaba, Laporan akuntansi dan transaksi keuangan di organisasi non profit dan perbandingan dengan organisasi komersial.
This course discusses about the importance need and financial statements forms in governmental organization, public sector organization, finacial statement in educational institution, hospital and clinic, foundation center, Koperasi, and another non profit organization; Financial transaction in Non Profit Organization; and comparision financial statement in non profit organization and comersial organizaton.
Daftar Pustaka: 1. Ives, Patton & Patton Introduction to Governmental and Not-to-profit accounting, 7/E, 2013, Prentice Hall 2. Freeman, Shoulders, Allison & Smith, Governmental and Nonprofit Accounting: Pearson New International Edition, 10/E, 2014, Pearson 3. Mccarthy, Financial and accounting guide for non Profit Organizations 8th edition, Wiley, 2012. 4. Budding, Tjerk., Public sector accounting, 2015, Routledge, New York 5. Jones, Rowan., Public Sector Accounting 6/E, 2010, Prentice Hall 6. Bastia Indra, Akuntansi yayasan dan lembaga publik, 2009, Erlangga 7. Trisnawani, Akuntansi Untuk Koperasi dan UKM, 2010, Salemba empat |
23. | DAH2J2 | Bahasa Inggris II | Bahasa Inggris II adalah mata kuliah lanjutan Bahasa Inggris I yang mendukung kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi dimana karekterisiknya berbeda dari ilmu eksakta atau ilmu sosial lainnya karena bahasa memiliki fungsi sebagai alat komunikasi. Mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswa untuk mengungkapkan ide dan bertukar gagasan menggunakan bahasa Inggris yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang dapat dipahami, sesuai konteks, lancar dan tanpa keraguan, di bidang Sistem Informasi
English II is an advanced course in English I, which supports students’ ability to communicate where karekterisiknya different from exact sciences or social sciences because language has a function as a communication tool. This course will teach students to express ideas and exchange ideas on using the English language which is acceptable and coherent with the element of language that can be understood, in context, smoothly and without a doubt, in the field of Information Systems
Daftar Pustaka 1. Bonamy, David (2008). Technical English 1. Pearson Longman 2. Glendinning, Eric & Glendinning, Norman. (2001). Oxford English for Electrical and Mechanical Engineering. Oxford University Press 3. Glendinning, Eric & McEwan, John. (2009). Oxford English for Information Technology Second Edition. Oxford University Press 4. Glendinning, Eric .(2014). Oxford English for Careers: Technology 1. Oxford University Press 5. Glendinning, Eric.(2014). Oxford English for Careers: Technology 2. Oxford University Press 6. Hill, David.(2011). English for Information Technology: Vocational English Course 2. Pearson Education, Inc 7. Jacques, Christopher.(2008). Technical English 2. Pearson Longman 8. Jacques, Christopher. (2008). Technical English 3. Pearson Longman 9. Olejniczak, Maja. (2011). English for Information Technology: Vocational English Course Book 1. Pearson Education, Inc |
24. | DPH2C2 | Pengujian Perangkat Lunak | Mata kuliah ini mendiskusikan tentang pengujian sebuah perangkat lunak yang sudah dibangun. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dibekali keterampilan untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas karena telah melalui tahapan pengujian dalam membangun perangkat lunak. Cakupan pengujian menggunakan metode black box dan white box dengan penekanan pada metode yang pertama. Metode kedua bersifat pengenalan materi.
This course discusses the testing of a software that is already built. Students who take this course provided with the skills to produce a quality software because it has been through the stages of testing in building software. Test coverage using black box and white box with an emphasis on the first method. The second method is the introduction of the material.
Daftar Pustaka: 1. Myers, Glenford J. et al. The Art of Software Testing. 2012. John Wiley & Sons. 2. Burnstein, Ilene. Practical Software Testing. 2003. Springer. 3. Agarwal, B. B. et al. Software Engineering & Testing. 2010. Jones & Bartlett Publishers 4. Black, Rex and Mitchell, Jamie. Advanced Software Testing. 2011. Rocky Nook 5. Vance, Stephen. Quality Code: Software Testing Principles, Practices, and Patterns. 2013. Addisson-Wesley Professional. |
25. | DAH3C3 | Pengantar Pengauditan | Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengauditan (auditing) serta aplikasinya di dunia kerja. Pembahasan matakuliah meliputi: auditing berbasis ISA, standar profesional akuntan publik, kode etik akuntan publik, tujuan audit, laporan audit, pengendalian internal, bukti audit, dan jasa-jasa lainnya.
This course aims to provide knowledge to the students about auditing and its application in the reality work. Discussion subjects include: ISA-based auditing, public accountant professional standards, code of ethics of public accountants, audit objectives, audit reports, internal control, audit evidence, and other services
Daftar Pustaka:
1. Alvin A. Arens, Randal E. Elder, Mark S. Beasley. Auditing dan Jasa Asurans, Edisi 15 Jilid 1 dan Jiid 2. 2014. Penerbit: ERLANGGA. Jakarta 2. Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan, Per 1 Januari 2015. Penerbit: Salemba Empat, Jakarta 3. Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Standar Profesional Akuntan Publik. 2014. Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.
|
26. | DAH3D4 | Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan | Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mahasiswa untuk memengimplementasikan ilmu akuntansi keuangan dalam bisnis perusahaan, teknik akuntansi keuangan yang digunakan oleh perusahaan dan pengusaha untuk mengestimasi dan meningkatkan nilai perusahaan, kebijakan keuangan perusahaan berkaitan dengan neraca seperti assest yang dimiliki perusahaan (kas, piutang, utang, persediaan), modal, utang.
This course aim to provide an understanding to the students about how to implementing financial accounting knowladge in business; financial accounting technic in business to estimating and increasing the business value; financial policy such as asset, cash, account recivable, debt, inventory, capital.
Daftar Pustaka: 4. Waren, Reeve Duchac, Corporate Financial Accounting 12e, Cangage Learning, South Western, 2014 5. Bodnar & Hopwood, Accounting Information system: Pearson New International edition 11, 2013, Pearson 6. Romney & Steinbart, Accounting Information System Global Edition, 2015, Person 7. Kay & Ovlia, Accounting Information Systems: Pearson New International Edition: The Crossroads of Accounting and IT, 2/E, 2014, pearso 8. Sarosa, Sistem Informasi Akuntansi, 2009, Grasindo |
27. | DAH3E3 | Manajemen Keuangan | Mata kuliah Manajemen Keuangan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai Peranan Manajemen Keuangan, Penilaian Kebijakan Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, dan Gambaran umum modal dan piutang.
Financial Management courses provide the knowledge and understanding to the students about the role of financial management, Financial Policy Assessment, analysis of financial statements, and an overview of capital and accounts receivable
Daftar Pustaka: 1. James C Van Horne dan John M. Wachowicz,Jr,Prinsip Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba empat, 2013, 2. Manajemen Keuangan, 10/e jilid 1,Keown, Indeks 2011, 3. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2 Edisi 11 ,Brigham & Houston Salemba Empat Januari – 2011 |
28. | DAH3F2 | Bahasa Inggris III | Bahasa Inggris III adalah mata kuliah lanjutan dari Bahasa Inggris II yang diberikan kepada mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Mata kuliah ini akan menunjang kompetensi mahasiswa untuk membuat dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan dan menghadapi interview kerja, dan melaksanakan tugas-tugas yang umumnya terjadi di dunia kerja, seperti mengundang rapat dan membuat memo, melakukan presentasi dalam rapat dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan unsur kebahasaan yang dapat dipahami dan sesuai konteks.
English III is an advanced course of English II are given to students to prepare for the world of work. This course will support students’ competencies to create the documents required in applying for jobs and face a job interview, and carry out tasks that generally occur in the world of work , such as call a meeting and make a memo , made a presentation in a meeting using English good and acceptable with elements of language that can be understood and appropriate context.
Daftar Pustaka: 1. Amos, Ann Julie. (2007) Be Prepared! Getting Ready for Job Interview 2nd Edition. Oxford, Omnipress Ltd 2. Evans, Virginia & Dooley, Jenny & Wright, Stanley. (2014). Career Paths: Information Technology. Express Publishing 3. Chapman, Rebecca. (2015) Oxford Business English: English for Emails. Express Publishing 4. Glendinning, Eric & Glendinning, Norman. (2001). Oxford English for Electrical and Mechanical Engineering. Oxford University Press 5. Glendinning, Eric & McEwan, John. (2009). Oxford English for Information Technology Second Edition. Oxford University Press 6. Glendinning, Eric .(2014). Oxford English for Careers: Technology 1. Oxford University Press 7. Glendinning, Eric.(2014). Oxford English for Careers: Technology 2. Oxford University Press 8. Grussendorf, Marion. (2015). English for Presentations. Express Publishi 9. Hill, David.(2011). English for Information Technology: Vocational English Course 2. Pearson Education, Inc 10. Wilcox, Christine. (2011). Exploring Careers: Careers in Information Technology |
29. | DAH3G4 | Proyek Akhir | Matakuliah ini merupakan sintesa dari pengetahuan yang diperoleh sebelumnya yang kaji oleh mahasiswa menjadi produk ilmiah berupa perangkat lunak dan mencirikan profil lulusan program studi. Proyek Akhir yang dibuat oleh mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan magang yang sedang atau telah dilaksanakan sebelumnya
This course is a synthesis of the knowledge acquired previously studied by students into scientific products such as software and characterize the profile in the program. Final projects made by students is an integral part of the internship activities are being or have been conducted previously |